PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI LITERASI SAINS BERBASIS STEM BAGI CALON GURU SD/MI

Authors

  • Dwi Purbaningrum Universitas Hamzanwadi
  • Nur Innayah Ganjarjati STIT Tunas Bangsa Banjarnegara
  • Muhammad Iman Darmawan Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v8i1.25048

Keywords:

Pembelajaran IPA, Literasi Sains, STEM

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPA berorientasi literasi sains berbasis STEM bagi calon guru SD/MI. Indikator literasi saintifik yang digunakan menurut PISA dikelompokkan  menjadi 3  yaitu: menjelaskan  fenomena  secara  ilmiah,  merancang  dan mengevaluasi  penyelidikan  ilmiah,  serta  menafsirkan data dan bukti secara ilmiah.  STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan empat bidang ilmu tersebut dalam satu program. Berdasarkan hasil analisis penerapan pembelajaran IPA berorientasi literasi Sains berbasis STEM bagi calon guru SD/MI menunjukkan bahwa: pada aspek menjelaskan fenomena secara ilmiah sebesar 88,0 %. Aspek kedua yaitu merancang dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah sebesar 86,7%. Pada aspek ketiga yaitu menafsirkan data dan bukti secara ilmiah sebesar 84,3 %. Secara hasil rata-rata didapatkan 86,3% dengan kategori Sangat Baik. Dengan demikian penerapan pembelajaran IPA berorientasi literasi Sains berbasis STEM dapat terlaksana dan mencapai aspek-aspek literasi sains dan komponen STEM dengan Sangat Baik

References

Asyhari, A. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91

Fuadi, ddk. 2020. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal ilmiah Profesi Pendidikan volume 2 Nomor 5, November 2020. ISSN (print) : 2502 – 7069, ISSN (online) : 2620-8326.

Hidayahtika, F., Suprapto, P. K., & Hernawati, D. (2020). Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) dalam Pembelajaran Biologi. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(1), 69. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2123

Irsan. 2021. Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Volume 5 Nomor 6 Tahun 2021 hlm. 5631 - 5639 Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu

Mimbarwati, M., Mulyono, M., & Suminar, T. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom. Journal on Education, 5(2), 4102-4109

National Academy of Sciences. (2017). Report on science literacy: The state of science education in the United States. Retrieved from.

OECD (2003). Literacy Skills for the World of Tomorrow – Further Results from PISA (2000).Organisation for Economic Co-operation & Development &Unesco Institute for Statistics.

Phearson, P.T.; Pollack, G.R.; and Sable, J.E. (2008). Increasing scientific literacy in undergraduate education: Acase study from “frontiers of science” at Columbia University. Rustaman, N. (2004). Literasi Sains Anak Indonesia 2000 dan 2003. [Online]: Tersedia: literasi_sains%20anak%20Indonesia%20 (5 Jan 2015)

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42.

Purbaningrum, D. (2020). Penggunaan Alat Peraga Sederhana Berbasis STEM dalam Pembelajaran Sains Pada SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 5(2), 50–57. https://doi.org/10.47435/jpdk.v5i2.448

Setiawan, Adib Rifqi. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Biologi sebagai Upaya Melatih Literasi Saintifik. Prosiding Seminar Nasional Biologi Biologi III (IP2B III) 2019, SBN: 978-602-0951-26-3.

Setiawan, Adib Rifqi. (2019).Penyusunan Program Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Entreprenership VI Tahun 2016, ISBN: 978-602-99975-3-8.

Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1). https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580

Syofyan, Harlinda, Trisia Lusiana Amir. Jurnal Pendidikan Dasar. Syofyan, H., & Trisia Lusiana Amir. (2019). Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 35–43. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.13203

Uus Toharudin dkk. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Downloads

Published

2024-06-24

Issue

Section

Articles