Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Struktur Kognitif Dan Kemampuan Metakognisi Siswa

Authors

  • Anita IKIP PGRI Pontianak
  • Eti Sukadi IKIP PGRI Pontianak, Pontianak
  • Winny Liliawaty Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v8i2.25168

Keywords:

Fluida Statis, Kemampuan Metakognisi, Struktur Kognitif

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menyusun lembar kegiatan peserta didik (LKPD) yang berbasis struktur kognitif dan kemampuan metakognisi. LKPD disusun untuk meningkatan kemampuan struktur kognitif peserta didik pada aspek struktur berfikir komparatif, struktur representasi simbolik, dan struktur penalaran logis serta kemampuan metakognisi peserta didik pada aspek planning (perencanaan), monitoring, reflection. Materi LKPD disesuaikan dengan standar kompetensi, yaitu menerapkan hukum-hukum fluida statis, merancang dan melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statis.  Tahapan penelitian pengembangan ini sampai pada tahapan analisis dan mendesain.

Author Biography

Anita, IKIP PGRI Pontianak

Prodi Pendidikan Fisika

References

Amelia, D, J, Anshory, I, Saputra, S, Y. 2020. Pengembangan Lkpd Berorientasi Metakognisi Di SD Muhammadiyah 5 Bumiaji. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(1), 113-123, https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.7168

Anita dan Assagaf, S, L, H. (2019). Analisis Kemampuan Metakognisi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Vox Edukasi, 10(1), https://doi.org/10.31932/ve.v10i1.259

Auliya, D, A dan Ambarwati, R. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Strategi Metakognitif Know-Want-Learn (KWL) Pada Materi Invertebrata Untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Siswa SMA Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7 (2), 412-423, Retrieved from

http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1),

https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054

Doyan, A, Taufik, M, Anjani, R. 2018. Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadaphasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Vol. 4, No.1, pp: 35-45, doi: http://dx.doi.org/10.29303/jppipa.v4i1.99

Firdaus, F, M. 2018. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematka, 7(3), 445-454, http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Hizbi, T, Novianti, B. A, Wajdi, B, Yuliani, E. 2023. Pengembangan E-LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kerajinan Anyaman Bambu Model Project Based Learning untuk Siswa SMA/MA. KAPPA Journal, 7(3), 524-530, https://doi.org/10.29408/kpj.v7i3.24674

Imran, N,S, Bahar, E,E, Dassa, A, Arafah, M. 2024. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 512-522, https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1570

Khasanah, B, A an Fadila, A. 2018. Pengembangan LKPD Geometri Transformasi Dengan Motif Tapis Lampung. Jurnal Edumath, 4(2), 59-64, https://doi.org/10.52657/je.v4i2.734

Kusumadewi, R, K; KUmaryono, I; Lail, I, J; Saputro, B, A. (2019). Analisis Struktur Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Pembagian Bilangan Bulat. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 251-259, https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.875

LPPM IKIP PGRI Pontianak. (2021). Rencana Strategis Penelitian 2021-2025

Mahardika, E, Nurbaity, Ridwan, A, Rahmawati, Y. (2018). Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Menggunakan Model Learning Cycle 8E. EduChemia, 3(1), 51-65,

http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v3i1.1849

Nurhayati, Hartoyo, A, Hamdani. 2017. Kemampuan Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Datar Di Kelas Vii SMP. Jurnal Khatulistiwa, 6(3), 1-13, http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i3.19276

Nuryadi, Marhaeny, N.N, Fariha, N.F. 2024. Persepsi Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Metakognisi Berbasis Etnomatematika. Jurnal Rinjani Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 174-179, https://jurnalrinjanipendidikan.com/index.php/JR-PGSD/article/view/105

Rosali, D.F. 2024. Desain Didaktis: Menumbuhkan Kemampuan Metakognisi untuk Mengurangi Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Elaborasi Athirah, 1(1), 25-37, https://aoje.sekolahathirah.sch.id/index.php/aoje/article/view/7

Saiful, S, Hobri, Thohir, M. 2020. Analisis Metakognisi Siswa Berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC) Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 73-91, https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.73-91

Saputra, N, N dan Andiyani, R. (2018). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa SMA Dalam Proses Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7 (3), 473-481 http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1403

Suningsih, A, dan Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225-234,

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984

Syamsuriyawati, Khaerani, Setyawan, D. 2024. Pengaruh Kemampuan Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Hang Tuah Makassar. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), DOI: https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1472

Hikmawati, H., Sutrio, Wahyudi, & Syahidi, K. (2022). Effects of Learning with Ethnoscience Context on Learning Outcomes in Cognitive Aspects of Prospective Physics Teacher Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 2793–2801. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.2388

Septiyana, D. N., Syahidi, K., & Mardi, E. S. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 3(2), 87–95. https://doi.org/10.58218/lambda.v3i2.649

Downloads

Published

2024-07-20

Issue

Section

Articles