Pengaruh Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v8i1.25869Keywords:
Model Pembelajaran Perubahan Konseptual, Higher Order Thinking Skills, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari model pembelajaran perubahan konseptual terhadap higher order thinking skills peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 7 Mataram. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran perubahan konseptual dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol mengggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal pada materi fluida statis yang mengacu pada higher order thinking skills pada indikator C4, C5, dan C6. Data higher order thinking skills dianalisis mengggunakan statistik parametrik yaitu t-test polled varians dengan taraf signifikan 5% dan diperoleh nilai yaitu 4,16 > 1,99. Sesuai kriteria uji hipotesis, apabila , maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehinggga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran perubahan konseptual berpengaruh terhadap higher order thinking skills peserta didik.
References
Annuuru, T., A., Johan, R., C., & Ali, M. 2017. Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pesesrta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Edutcehnologia, 3(2),136-144.
Asri, A. N., Juhanda, A., & Windyariani, S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik SMP Menggunakan Model Pembelajaran Conceptual Change Pada Materi Sistem Ekskresi:(Analysis of High-Level Thinking Skills for Junior High School Students Using Conceptual Change Models on Excretory System Materials). BIODIK, 8(4), 59-64.
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestari, R., Zamroni. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Bahtiar. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dasar Berbasis Model Pembelajaran 3Pe Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi,4(2), 176-184, from http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v4i2.78
Entino, R., Hariyono, E., & Lestari, N. A. 2022. Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas pada Materi Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1):177-182.
Gunada, I. W., Ayub, S., Doyan, A., Verawati, N. N. S. P., & Hikmawati, H. 2021.
Pengembangan Buku Ajar Sejarah Fisika Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(1):59 - 65.DOI:http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v7i1.2767
Gunawan, Harjono, A., & Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1):9-14.
Juniartini, N. W., Sudiatmika, A. I. A. R., & Sujanem, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Berbantuan Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 7(2), 109-119.
Nellasari, K. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jakarta.
Mosik & Maulan, P. 2010. Upaya Mengurangi Terjadinya Miskonsepsi Fisika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 6. No. 2.
Purbaningrum, K. A. 2017. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40-49.
Rahmawati, S., Taufik, M., Harjono, A., & Zuhdi, M. 2020. Pengaruh model pembelajaran perubahan konseptual terhadap kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik kelas XI. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 2(1).
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, P. 2013. Miskonsepsi Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178-1343.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kappa Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Kappa memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Kappa dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan