Meta Analisis: Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep IPA
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v8i2.26294Keywords:
Multimedia interaktif, Pemahaman konsep, Pembelajaran IPAAbstract
Terbatasnya akses ke teknologi canggih dapat menciptakan kesenjangan digital di antara peserta didik, membatasi potensi multimedia interaktif untuk menjangkau semua peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berpengaruh multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian adalah meta-analisis, dengan pencarian sumber diperoleh 13 artikel jurnal dengan kata kunci "Multimedia Interaktif", "Memahami Konsep IPA" pada software manajemen website, referensi mendeley, google schoolar dan aplikasi publish or perish harzing. Diperoleh 6 artikel jurnal penelitian yang relevan 2014-2024. Nilai Ukuran Efek size sebesar 1,196 (tinggi). Interpretasi nilai Effect Size adalah pengaruh multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep IPA sebesar 88% bila diterapkan pada siswa. Dengan demikian, multimedia interaktif efektif diimplementasikan sebagai solusi untuk memahami konsep peserta didik dalam pembelajaran IPA.
References
Apriani, N. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Powerpoint Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Statistika. Universitas Lampung.
Ariyanti, R. (2014). Pengaruh Implementasi Virtual Lab Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Listrik Dinamis. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI, April.
Arsyad, M. (2023). Pengaruh Multimedia Interaktif ( Bsd Mipa ) Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Gilireng Kabupaten Wajo. 2.
Azizaturredha, M., & Fatmawati, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Media Laboratorium Virtual (PhET) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Keterampilan Belajar Proses Sains dan Minat Belajara Siswa pad Pokok Bahasan Elastisitas. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 1–5.
Bhayangkari, Y. (2017). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kemandirian Siswa Di Kelas XI IPA MA Muslimat NU Palangka Raya. IAIN Palangka Raya.
Cahaya, N., Subhan, M., & Rahmawati, E. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Fisika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. 5, 6–11.
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(2), 90–97.
Diyana, T. N., Supriana, E., Kusairi, S., & A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Topik Prinsip Archimedes Untuk Mengoptimalkan STudent Centered Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 171–182.
Fajar, M., Ihsan, N., Busyairi, M., & Yuliani, H. (2022). Meta-analysis : Effectiveness of using android as a physics learning media Meta-Analysis : Effectiveness of Using Android As a Physics Learning Media. 020015(December).
Harjono, A. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar terhadap Penguasaan Konsep kalor Siswa. 12(July), 118–125. https://doi.org/10.15294/jpfi.v12i2.5018
Ismail, A. (2017). Penerapan Multimedia Interaktif berbasis Smartphone untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. 2(September), 114–124.
Khaeruman, Azizah, R., & Nurhidayati, S. (2018). Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Keterampilan Generik Sains Dan Pemahaman Konsep Elektrokimia Siswa. JISIP, 2(1), 329–337.
Khery, Y., & Khaeruman. (2018). Pengaruh Context-Rich Problems Berbentuk Multimedia Interaktif Terhadap Keterampilan Proses Sains , Sikap Ilmiah , Dan Pemahaman Konsep Kimia Mahasiswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 3(1), 636–644.
Murtopo, A., Rahmaisyah2, & Jusmaini. (2023). " Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era Digital 4 . 0 ”. 11(2), 1–11.
Muzana, S. R., Astuti, D., Fisika, P., & Abulyatama, U. (2017). Penerapan pembelajaran berbasis simulasi PhET untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika inti pada siswa sma. Semdi Unaya, November, 409–417.
Nugraha, M., & Novari, A. F. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4, 120–130.
Pratiwi, J. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Collaborative Creativity Learning (CCL) Berbantu Animasi Digital Terhadap Pemahaman Koonsep Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika (Issue Ccl). Universitas Islam Raden INtan Lampung.
Putra, P. A., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(April).
Putri Rusmulyanti, A., & Annovasho, J. (2022). Studi Literatur Pengaruh Media Pembelajaran E-Modul Fisika. Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 128–131. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v11i2.63583
Qoni’ah, A., Sahidu, H., & Gunada, I. W. (2020). Pengaruh Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 280–286. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.1778
Rosa, Y. (2023). Analisis Jumping Task Pada Pembelajaran Lesson Study Di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi Materi Fisika Usaha dan Energi. Universitas Jambi.
Tafanao, T. (2018). Peranan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).
Winaya, I. M. A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbantu Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Konsep “Trihitakarana” Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas III SD Dwijendra Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(April).
Yulianci, S., Gunawan, & Doyan, A. (2017). Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. 3(2).
Yuliani, H. (2023). Meta-Analysis : The Effect of PhET Simulation Media on Enhancing Conceptual Understanding in Physics Learning.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kappa Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Kappa memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Kappa dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan