Efektivitas Metode Asistensi Mata Kuliah Elektronika Analog pada Program Studi Pendidikan Fisika

Authors

  • Khisna Alifah Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nuuri Haafida Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta
  • Intan Risdianti Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta
  • Shinta Arum Sari Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Setiaji Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta
  • Kuncoro Asih Nugroho Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v8i2.26842

Keywords:

elektronika analog, asisten praktikum, efektivitas

Abstract

Abstrak

Keberadaan asisten praktikum yang terampil dan kompeten dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran praktikum dan membantu mahasiswa agar kesulitan yang dihadapi dapat teratasi, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas asistensi diantara kedua kelas yang dijabarkan secara deskriptif.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kesulitan mahasiswa kelas A masuk dalam kategori mudah dengan persentase  39,0% memilih kategori mudah. Sedangkan, mahasiswa kelas C mengalami tingkat kesulitan saat melakukan praktikum hingga sebesar 44,1% dengan kategori sulit. Penggunaan asisten praktikum terbukti sangat membantu mahasiswa dalam pelaksanaannya. Hal tersebut dapat dilihat melalui diagram faktor keberhasilan praktikum yang menunjukkan bahwa peran asisten sama dengan peran dosen sebesar 19,8%. berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa kontribusi asisten praktikum terbukti efektif dalam pembelajaran elektronika analog di kelas.

Kata Kunci: elektronika analog, asisten praktikum, efektivitas

 

Abstract

The existence of skilled and competent practicum assistants can support the success of the practicum learning process and help students so that the difficulties faced can be resolved, so this study aims to determine the effectiveness of assistance between the two classes described descriptively.  The method used in this research is qualitative-descriptive. The results of this study are the difficulty level of class A students in the easy category with a percentage of 39.0% choosing the easy category. Meanwhile, class C students experienced a level of difficulty when doing practicum up to 44.1% in the difficult category. The use of practicum assistants proved to be very helpful for students in its implementation. This can be seen through the practicum success factor diagram which shows that the role of the assistant is the same as the role of the lecturer by 19.8%. Based on this, it can be concluded that the contribution of practicum assistants has proven effective in learning analog electronics in the classroom.

Keywords: analog electronics, practicum assistant, effectiveness

References

Agustin, Audina. 2019. “Pengembangan Modul Praktikum Mata Kuliah Praktek Elektronika Analog Di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UN.” diploma, Universitas Negeri Makassar.

Elfizon, Elfizon, Mukhlidi Muskhir, dan Oriza Candra. 2017. “Pengembangan Media Trainer Elektronika Dalam Pembelajaran Teknik Elektronika Pada Pendidikan Vokasi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.” Hlm. 153–60 dalam. Denpasar.

Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami desain metode penelitian kualitatif.” Diambil 28 Juni 2024 (https://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/view/38075).

Irwanto, Popi Doni. 2015. “Pengaruh Gaya Mengajar Dosen, Asistensi dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Aplikasi Akuntansi Pemeriksaan.” Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi. Diambil 29 Juni 2024 (https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/1143).

Kurniawan, Eko Setyadi, Umi Pratiwi, dan Siska Desy Fatmaryanti. 2019. “Asistensi Praktikum Fisika dan Pendampingan Fun Science Project Bagi Peserta Didik di SMA Negeri 9 Purworejo.” Surya Abdimas 3(1):12–20. doi: 10.37729/abdimas.v3i1.482.

Malvino, Albert, dan David Bates. 2016. Electronic Principles. McGraw-Hill.

Munayyaroh, Munayyaroh, Eko Setyadi Kurniawan, dan Ashari Ashari. 2013. “Efektivitas Pelaksanaan Asistensi Praktikum Fisika Dasar II Terhadap Sikap Sains Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo.” Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika 3(2):116–19.

Raharjo, Buwang. 2021. “Evaluasi Kemampuan Asisten Praktikum Terhadap Pengoperasian Peralatan K-2 Pada Kegiatan Praktikum Lapangan Di Laboratorium Kehutanan Faperta Unib.” Jurnal Pengelolaan Laboratorium Sains Dan Teknologi 1(2):57–62. doi: 10.33369/labsaintek.v1i2.15436.

Santoso, Dwi Riyan. 2017. “Implementasi Software Proteus pada Mata Kuliah Praktikum Dasar Elektronika.”

Sedra, Adel S., Kenneth C. Smith, Tony Chan Carusone, dan Gaudet Vincent. 2019. Microelectronic Circuits (The Oxford Series in Electrical and Computer Engineering) 8th Edition. Oxford University Press; 8th edition.

Setiaji, Bayu, dan Purwoko Haryadi Santoso. 2023. “An Online Physics Laboratory Delivered Through Live Broadcasting Media: A COVID-19 Teaching Experience.” The International Review of Research in Open and Distributed Learning 24(1):47–65. doi: 10.19173/irrodl.v24i1.6684.

Suprianto. 2015. “Pengertian Elektronika Analog.” All Of Life. Diambil 6 Juni 2024 (https://blog.unnes.ac.id/antosupri/328-2/).

Suwardi, Suwardi. 2016. “Efektivitas Pelatihan Asisten Praktikum Dalam Meningkatkan Kompetensi Asisten Di Laboratorium Fisika Fmipa Universitas Bengkulu.” Integrated Lab Journal 4(1).

Wulandari, Ani. 2013. “Efektifitas Media Komunikasi M-Radio Dalam Meningkatkan Kepedulian Kesehatan Masyarakat Terhadap Pencegahan HIV/AIDS Di Kota Samarinda.” 1.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles