Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Word Wall Terhadap Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v8i2.27265Keywords:
media pembelajaran, hasil belajar, Word WallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektifitas media pembelajaran berbasis Word Wall terhadap hasil belajar mata pelajaran IPAS dikelas IV SD dan sebagai variasi saran untuk media pembelajaran berbasis interaktif. Media Word Wall memiliki fitur-fitur yang bisa diakses secara gerartis dan bisa dimanfaatkan oleh guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik. Sebanyak 25 peserta didik dijadikan sebagai subjek dalam penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Pemberian pretest kemudian perlakuan treatment selama tiga kali pertemuan dan dilanjut posttest digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa media Word Wall dapat membantu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS. Terbukti dengan rata-rata nilai posttest yang diperoleh 75,00 lebih tinggi dari nilai awal pretest sebesar 47,40, menunjukkan adanya peningkatan nilai sebesar 27,60. Dengan demikian dapat dikatakan media Word Wall efektif terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPAS dikelas IV SDN 3 Bandengan Jepara.
References
Ariandini, N., & Ramly, R. A. (2023). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media Stats, 12, 107–116.
Asmadi, A. (2022). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Proses Belajar Online. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3), 945–962. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i3.1048
Burhan, N., Munir, M. M., & ... (2022). Pengaruh Model Word Square terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. … Education, 3(2006), 374–380. https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4826
Dewi, W., Hasan, L., Istiani, H., & Chasanatun, F. (2023). Upaya Peningkatan Minat Belajar IPAS Siswa Kelas IV Melalui Media Flashcard Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Keagamaan, 21(2), 759–771. https://doi.org/10.53515/qodiri
Hartutik, & Aprilia, R. (2024). Pengembangan Wordwall : Inovasi Media Pembelajaran Digital Terintegrasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1525–1540.
Hastiwi, F., Khasanah, U., & Wahyuningsih, S. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas IV SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.75334
Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/
Lailiyah, N. N., & Widiyono, A. (2023). Pengembangan Media Diorama berbasis STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 95–108. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3678
Maghfiroh, K., Roudlotul, M. I., & Semarang, H. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jpk, 4(1), 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093–4100. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1490
Pamungkas, D. A., Imron, A., Marzuqi, M. I., & Larasati, D. A. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS oleh. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Universitas Negeri Surabaya, 10(01), 67–78. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53199
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.
Utami, A. D. D., Marini, A., Nurcholida, N., & Sabanil, S. (2022). Penerapan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6855–6865. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3365
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Zumrotun, E., Nichla, S., & Attalina, C. (2020). Media Pembelajaran Tutup Botol Pintar Matematika Meningkatkan Hasil Belajar Matematik. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 499–507.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Kappa memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Kappa dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan