Pengembagan Bahan Ajar Fisika Berbentuk E-Modul Berbasis Kontekstual Menggunakan Aplikasi eXe-Learning Pada Materi Usaha dan Energi
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v5i1.2757Keywords:
bahan ajar, e-modul, fisika, kontekstual, eXe-Learning, usaha dan energiAbstract
This research aims to determine: 1) the procedure for teaching materials in the form of e-modules 2) the feasibility of teaching materials in the form of e-modules 3) the responses of students to the e-modules developed. This study uses the ADDIE Model Research and Development (R&D) method. The stages are needs analysis, design, development, implementation and evaluation. The results of this study are: 1) the procedure for making teaching materials in the form of e-modules, namely analysis, design of teaching materials by determining the format of teaching materials, development, namely the validation of teaching material products through validation of media experts, materials and learning, implementation to students through small group tests. 2) the feasibility of teaching materials in the form of e-module, the results of the media expert's assessment obtained a percentage of 75% with good and feasible criteria. The results of the material expert's assessment obtained a percentage of 76.2% with good and feasible criteria. The results of the learning expert's assessment obtained a percentage of 82% with good criteria and suitable for use. 3) The results of the students' responses obtained a percentage of 85% in the very good category.References
Agung, F. P., Suyanto, S., & Aminatun, T. (2020). E-Modul Gerak Refleks Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(3), 279-289.
Aini, L., & Sawiji, H. (2017, October). The Peculiarity of E-Learning XHTML Editor (EXE) Based on Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) to Improve the Students' Learning Motivation of Vocational High School. In International Conference on Teacher Training and Education 2017 (ICTTE 2017). Atlantis Press.
Aini, Q. (2019). Pengembangan modul ipa biologi berbasis kontekstual pada materi ekosistem untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smP (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS LAMPUNG).
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik edisi revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta
Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., dan Festiyed. 2018. Development Of Adaptive Contextual Teaching Model Of Integrated Science To Improve Digital Age Literacy On Grade VIIIStudents. IOP Conf. Series: Journal Of Physics: Conf. Series 1116.
Astiti, K. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Kontekstual pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Sains, 3(1), 29-34.
Devi Andriani, D. A., & B Anggit Wicaksono, B. A. W. (2020). Efektivitas Penerapan Suplemen Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(1).
Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi pada Materi Hukum Newton Gravitasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 143-155.
Ibrahim, E., & Yusuf, M. (2019). Implementasi Modul Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model REACT Berbasis Kontekstual pada Konsep Usaha dan Energi. Jambura Physics Journal, 1(1), 1-13.
Komalasari, Kokom. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : Refika Aditama
Kurniasari, I. (2018). Pengembangan E-Module Berbasis Exe-Learning Bercirikan Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Peserta Didik Kelas VIII (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Luthfiatul CN, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Elearning XHTML Editor (EXE) Pada Pokok Bahasan Pemuaian Untuk SMK Kelas X (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: ALFA BETA
Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89-98.
Ningrum, L. C., Rohmadi, M., & Yuliani, H. (2020, August). Problem Based Learning Berbantuan Exe Learning Pada Materi Momentum Dan Impuls: Dampak Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar. In Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ (Vol. 2, No. 1, pp. 274-279).
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967-974.
Oktaviani, W., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 1-7.
Pasaribu, A., & Saparini, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Untuk Meremidiasi Miskonsepsi Pada Materi Gaya Dan Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 36-48.
Rachmawati, D. F., Handayanto, A., & Utami, R. E. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbantu Website dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 258-265.
RAHMAWATI, K. M. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Scientific Approach Dengan Sample Contextual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Medan Magnet di SMA.
Riduwa & Sunarto. 2013. Pengantar Statiska untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sagala, Syaiful.2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Satriawan, M., & Rosmiati, R. (2017). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontekstual dengan mengintegrasikan kearifan lokal untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika pada mahasiswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1212-1217.
Silalahi, M. V. (2020). Pengembangan Media Exe-Learning Pada Kimia Dasar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(3), 516-524.
Sofyan, P. 2015. Panduan Exe-Learning sebagai Aplikasi Pembuatan Modul E- Learning. Pusdiklat Kehutanan.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syahli, R. O., Ariani, T., Si, M. P., & Charli, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual Materi Impuls dan Momentum Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi tidak dipublikasikan. Lubuklinggau: STKIP-PGRI Lubuklinggau.
Ummah, D. S., Prastowo, S. H. B., & Subiki, S. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Disertai Concept Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Fkip E-Proceeding, 3(2), 26-31.
Warjana dan Abdul Razaq, 2008, Membuat Bahan Ajar Berbasis Web dengan eXe, Elexmedia Komputindo, Jakarta
Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3).
Widodo, E. P., 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Zulhaini, Z., Halim, A., & Mursal, M. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di MAN Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(1).