Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bernuansa Imtaq Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Untuk Siswa MAN
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v8i2.28002Keywords:
direct instruction, media, the human reproduction systemAbstract
Teacher does not use IMTAQ teaching aids yet. It is not integrated into learning. The teacher would like asses on cognitive aspects rather than the affactive or moral aspec so that attitudes of the students continue to decline. The research is to produce IMTAQ Teaching Aids in form of syllabus, lesson plans, modules, materials and worksheets for reproduction system intended for Madrasah Aliyah students in learning Biology. The observation was very effective categorized. In short, IMTAQ Teaching Aids for Reproduction System Material Intended for Madrasah Aliyah students in learning Biology are valid, practical and effective
References
Arsih, Fitri. 2010. "Pengembangan Pcrangkat Pembelajaran IPA Biologi Kelas VII Beroricntasi pada Pendekatan Keterampilan Proses Sains". Tesis tidak diterbitkan. Padang: Universitas Negeri Padang.
Edi, Prajitno. 2003. "Pengembangan Sistem Penilaian". Materi Diklat Kerja Sama FMIPA UNY dengan Direktorat PLP Depdiknas. Yogyakarta.
Lufri. 2005. Metodologi Penelitian. Padang: Univcrsitas Ncgeri Padang.
Mustamiranwar. 2010. Sistem Reproduksi Manusia. (Online). (http://www. mustamiranwar86.files.wordpress.com, diakses pada 12 September 2012).
Oktaviandy.2012. Penelitian Pengembangan (Online).(http://navelmangelep.wordpress.com, diakses pada 21 Januari 2013).
Purwanto, Ngalim. 2007. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran..Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Reffi. 2010. Sistem Reproduksi Manusia. (Online). fhttp://www.authorstream.com, diakses 18 September 2012).
iduwan. 2011. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rochmah, Nur S.2009. Biologi. Jakarta: Pustaka Insan Madani.
Rosyid, Muh. 2010. Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Penulisan Modul. (Online), (http://www.rosyid.info, diakses pada 22 Juli 2012).
Rusdi, Andy. 2008. Perangkat Pembelajaran. (Online), (http://anrusmath.wordpress.com, diakses pada 22 Juli 2012).
Sabri, A. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Ciputat: Penerbit Quantum Teaching.
Saefudin. Tanpa Tahu. Alat Reproduksi Manusia. (Online) (http://www.file.upi.edu, diakses pada 22 Agustus 2012).
Sutikno, S. Muhammad. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Prospect.
Sur•osubroto. 1983. Sistem Pembelajaran dengan Modul. Yogyakarta: Bina Aksara.
Suwarti, Lilis. 2008. Pengembangan perangkat penilaian berbasis kelas (cllassroom Assesment) untuk materi dalil pythagoras kelas VIII. Tesis Tidak Diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNP.
Tafany. 2009. Iman dan Taqwa. (Online), (http//tafany.wordpress.com, diakses pada 24 April 2012).
Thohir. 2010. Perangkat Pembelajaran. (Online), (http://blog.sunan-ampel.ac.id, diakses 22 Juli 2012).
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Trisyanto. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif. (Online), (http://trisd arypenbelaiaran-mat.blogspot.com, diakses pada 30 Agustus 2012).
Uno, Hamzah. Satria, Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Widjajanti, E. 2008. "Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan KTSP Bagi Guru SMIC/MAK". Makalah Disajikan Dalam Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat. Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
Zafri. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kappa Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Kappa memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Kappa dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan