Pemanfaatan Software Geogebra Untuk Simulasi Tumbukan Antar Partikel Dalam Satu Dimensi
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v8i3.28478Keywords:
Fisika, Simulasi, Fisika, Simulasi, GeogebraAbstract
Penelitian yang terkait pemanfaatan media simulasi komputer sangat menarik dalam pembelajaran fisika karena dapat memvisualisasikan konsep – konsep fisika baik dalam bentuk grafik maupun tabel. Salah satu media simulasi yang dapat digunakan adalah geogebra. Tumbukan atau lentingan antar partikel dapat juga disebut sebagai pantulan karena terjadi antar dua benda yang saling berpadu dan memantul akibat dari adanya pantulan tersebut. Peristiwa tumbukan antara dua benda dapat menyebabkan benda saling menjauh, atau saling berpadu dan bergerak dengan kecepatan yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan gambaran simulasi dari benda yang bertumbukan. Metode yang digunakan merupakan desain pemodelan grafik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa geogebra dapat mempermudah pemahaman konsep-konsep fisika terkait tumbukan seperti hukum kekekalan momentum, energi kinetik, dan koefisien restitusi melalui visualisasi yang interaktif. Selain itu, siswa dapat mengamati perubahan dalam kecepatan, lintasan, dan energi sebelum dan setelah tumbukan.
References
Arjana, I. G., & Suastra, I. W. (2022). Pengembangan Simulasi Interaktif Berbasis Geogebra. 12(3), 99–111.
Asbanu, D. E. S. I. (2021). Using Geogebra for Visualization of Lissajous Waves. 9(December), 49–55.
Chanafi, B., & Mursal. (2015). Pembelajaran Fisika dengan Memanfaatkan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Biooptik ( Sebuah Studi Pada Mata Kuliah Fisika Kesehatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Lhokse. 6.
Hidayat, F. N., & Tamimuddin, M. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra untuk Pembelajaran Matematika (Dasar). Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 53(9), 1689–1699.
Hikmawati, H., Sutrio, Wahyudi, & Syahidi, K. (2022). Effects of Learning with Ethnoscience Context on Learning Outcomes in Cognitive Aspects of Prospective Physics Teacher Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 2793–2801. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.2388
Hruby, K., & Vesenka, J. (2016). Exploring Conservation of Momentum in Inelastic and Elastic Collisions and Explosions. North American GeoGebra Journal, 5(1), 40–47.
I.G. Arjana, & I.W. Suastra. (2022). Pengembangan Simulasi Interaktif Berbasis Geogebra Dalam Mendukung Pelaksanaan Perkuliahan Fisika Mekanika Dasar Berbasis Stem. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 12(3), 99–111. https://doi.org/10.23887/jppii.v12i3.54895
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Respository LPPM Unila, 10, 1–8.
Muliyati, D., Bakri, F., & Ambarwulan, D. (2018). Aplikasi Android Modul Digital Fisika Berbasis Discovery Learning. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(1), 74–79.
Nasution, S. H. (2018). Penggunaan GeoGebra untuk Membuat Soal Interaktif Matematika. MSOpen Book, 1–13.
Nugroho, D. A. (2022). Pembuatan Simulasi Gelombang Berjalan Untuk Pembelajaran Fisika Menggunakan Software Geogebra. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.9142
Satriawan, M. (2012). FISIKA DASAR.
Solvang, L., & Haglund, J. (2018a). GeoGebra in Physical EducationDigitizing in physics education Dynamic Mathematic Software and. July, 9667–9674.
Solvang, L., & Haglund, J. (2018b). Geogebra in Physics Education. EDULEARN18 Proceedings, 1(July), 9667–9674. https://doi.org/10.21125/edulearn.2018.2315
Sudihartinih, E., & Wahyudin, W. (2019). Pembelajaran Berbasis Digital: Studi Penggunaan Geogebra Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Tatsqif, 17(1), 87–103. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.944
Syaputrizal, N., & Jannah, R. (2019). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning pada Platform Android Menggunakan Aplikasi App Inventor untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Natural Science Journal, 5(1), 800–809.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kappa Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Kappa memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Kappa dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan