Desain Instrumen Assesmen Metakognisi Untuk Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Materi Optika Geometri
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v9i1.28492Keywords:
assesmen metakognisi, Metacognitive Awareness Inventory, optika geometriAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan seperangkat instrumen assesmen yang dapat mengukur seberapa besar kemampuan metakognisi mahasiswa calon guru fisika pada materi optika geometri. Tujuan penelitian ini mengembangkan asesmen metakognisi dalam pembelajaran sains agar kemampuan siswa dalam pembelajaran sains lebih menjadi bermakna. Metode yang digunakan adalah tahapan penelitian pengembangan model ADDIE. Instrument diberikan kepada mahasiwa yang mengambil mata kuliah Fisika Dasar II di Universitas PGRI Pontianak. Penyusuanan instrument assesmen metakognisi dilakukan setelah penyusunan Metacognitive Awareness Inventory (MAI) untuk mengetahui pengetahuan kognitif (pengetahuan deklaratif, pengetahuan procedural dan pengetahuan kondisional) dan regulasi kognitif mahasiswa calon guru tersebut. Hasil yang diperoleh adalah instrument assesmen metakognisi yang akan dilakukan proses peneltian selanjutnya.
References
Afifah, R, Marwoto, P, Ellianawati, E. (2021). Development of a Testlet Model Physics Learning Assessment to Know Students’ Cognitive Profiles on Static Fluids. Physic Communication, 5(2).
Akturk, A. O dan Sahin, I. (2011). Literature Review on Metacognition and its Measurement. Procedia Social and Behavioral Sciences, 15, 3731–3736.
Al Balushi, A. K., Thumiki, V. R. R., Nawaz, N., Jurcic, A., & Gajenderan, V. (2022). Role of organizational commitment in career growth and turnover intention in public sector of Oman. Journals Plos, 17(5).
Alam, S. (2023). Hasil PISA 2022, Refleksi Mutu Pendidikan Nasional 2023. https://mediaindonesia.com/opini/638003/hasil-pisa-2022-refleksi-mutu-pendidikan-nasional-2023
Faustino, B. et. a. (2012). Metacognitive self-assessment scale: psychometric properties and clinical implications. Applied Neuropsychology: Adult, 28(5), 596–606.
Flavell, J. H. (1979). Metacognition and cognitive monitoring: A new area of cognitive-developmental inquiry. American Psychologist, 34(10), 906–911.
Kennedy dan Arendale, 2023. Improving prospective mathematics teachers’ reversible thinking ability through a metacognitive-approach teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, Vo.19, No.6
Mertasari, N.M.S, Sastri, N.L.P, Pascima, I. B. 2023. Performance assessment: Improving metacognitive ability in mathematics learning. Journal of Education and e-Learning Research. Vol. 10, No. 4, 837-844, 2023
Pangabean, D. H dan Danis, A. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Islamic Education Journal.
Puteri, A, N, Yoenanto, N.H, Nawangsari, N.A.F. (2023). Efektivitas Asesmen Autentik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.8, No.1, Hal. 77-87
Rosnaeni, (2021). Karakteristik dan Assemen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu. Vol.5, No.5, Hal. 4335-4339
Schraw, G. & Dennison, R.S. (1994). Assessing metacognitive awareness. Contemporary Educational Psychology, 19, 460-475.
Tri, Fajar. (2020). Empat Kompetensi Guru yang wajib dimiliki oleh calon Guru. https://gurubinar.id/blog/4-kompetensi-guru-yang-wajib-dimiliki-oleh-calon-guru?blog_id=53
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kappa Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Kappa memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Kappa dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan