Asesmen Diagnosis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Gelombang Cahaya Menggunakan Model Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v9i1.28621Keywords:
Keterampilan Proses Sains, gelombang Cahaya, Model pembelajaran problem based learningAbstract
Pra penelitian ini dilakukan bertujuan (1). Untuk mendiagnosis keterampilan proses sains (KPS) sebagai data empiris yakni analisa kebutuhan awal dalam menyusun lembar kerja berbasis Problem Based Learning topik gelombang cahaya. (2). Untuk mencari solusi dalam menyelesaikan hambatan-hambatan belajar dalam meningkatkan keteremapilan proses sains siswa. Adapun pra penelitian ini dilaksanakan pada Juli s.d November 2024 di SMA Negeri 4 Lubuklinggau yang melibatkan 40 siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode random sampling. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan pengambilan data menggunakan tes diagnosis KPS, lembar pengamatan saat praktikum dan Focus Group Discussion (FGD). Data yang diperoleh dikumpulkan dan direduksi, diverifikasi selanjutnya di display dalam tabel dan grafik. Hasil pra penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata keterampilan proses sains siswa berkemampuan tinggi 44,08% dengan kategori cukup, siswa berkemampuan sedang 35,38% kategori kurang dan siswa berkemampuan rendah 25,73% dengan kategori sangat kurang, sehingga perlu adanya intervensi khusus dalam meningkatkan KPS siswa dalam belajar bersama guru dan teman sejawat dengan melakukan remediasi pembelajaran. (2). Berdasarkan hasil FGD yang melibatkan guru fisika di sekolah dalam mengatasi hambatan belajar KPS siswa dengan cara membiasakan eksperimen di setiap topik materi, menggunakan model pembelajaran kolaboratif yang berpusat pada siswa, memberikan penguatan pemahaman konsep siswa dengan mengintegrasikan KPS dalam materi dan soal berbasis masalah.
References
Amelia, F., Supriadi, B., & Subiki. (2023). Rancangan bahan ajar penyelesaian soal fisika materi tumbukan sentral secara tabulasi. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 1–14.
Anwar, A. (2009). Statistika untuk Penelitian Pendidikan. In IAIT Press (Pertaama). IAIT Press.
Arsyad, A. A., & Sartika, D. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Praktikum Fisika Dasar. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(1), 69–74. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i1.1012
Dwi, I. M., Arif, H., & Sentot, K. (2013). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis Ict Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 8–17. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2575
Fathurohman, A., & Lutfi, H. M. (2022). Analisis Proses Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 10(2), 211–215. https://doi.org/10.24252/jpf.v10i2.30733
Fitriana, F., Kurniawati, Y., & Utami, L. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2), 226–236. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5669
Gasila, Y., Fadillah, S., & Wahyudi. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Menyelesaikan Soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1), 14–22.
Hamdiyati, Y., & Kusnadi. (2007). Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Matakuliah Mikrobiologi Oleh : Yanti Hamdiyati dan Kusnadi Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. 10(2), 36–42.
Hardani, Andriani, H., Sukmana, D. J., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). Penerbit Pustaka Ilmu.
Hasanah, T. A. N., Huda, C., & Kurniawati, M. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Gelombang Bunyi untuk Siswa SMA Kelas XII. Momentum: Physics Education Journal, 1(1), 56. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.1631
Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(3), 129–135. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.303
Hudha, M. N., Aji, S., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 36–51. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830
Junaid, M., Salahudin, S., & Anggraini, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Di Smpn 17 Tebo. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(April), 16. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.709
Khaerunnisa. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains (Fisika) SMA di Kabupaten Jeneponto. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(3), 340–350. https://doi.org/10.26618/jpf.v5i3.855
Mahmudah, I. R., Makiyah, Y. S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMA di Kota Bandung. Jurnal Diffraction, 1(1), 39–43.
Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul Fisika sebagai Bahan Ajar Berbasis PBL di MA Muslimat NU. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 70–80. https://doi.org/10.31540/sjpif.v3i1.1240
Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592
Novitasari, A., Ilyas, A., & Amanah, S. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fotosintesis Kelas Xii Ipa Di Sma Yadika Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 91–104. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1267
Onikarini, N. L. Y., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Komparasi Model Pembelajaran Guided Dan Free Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 80. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19376
Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 57–64. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Saidaturrahmi, S., Gani, A., & Hasan, M. (2020). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13554
Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. In Hamzah Upu (Ed.), Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan, Bandung. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Satriawan, M., & Rosmiati, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual Dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Mahasiswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1212. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1212-1217
Shofia. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains ( Kps ) Mahasiswa Pendidikan Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Profile of Science Process Skills in Biology Education ( Case Study At a University in Surakarta ). Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3, 49–56.
SUINDHIA, I. W. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Fisika. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 49–56. https://doi.org/10.51878/teaching.v3i1.2163
Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan (Pertama). UNY Press.
Suryana*, A. L., Rosana, D., Wilujeng, I., Suyanta, S., & Widyapuraya, N. W. (2023). Profil Kemampuan Literasi Teknologi Siswa SMP Kelas VII dalam Pelaksanaan Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(1), 178–190. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i1.27496
Syazali, M., Rahmatih, A. N., & Nursaptini, N. (2021). Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Implementasi SPADA Unram. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 103–112. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2290
Takda, A., Arifin, K., & Tahang, L. (2023). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Berdasarkan Nature Of Science Literacy Test ( NoSLiT ). Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(1), 19–27.
Yanti, L., Miriam, S., & Suyidno, S. (2020). Memaksimalkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Melalui Creative Responsibility Based Learning. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 9(2), 1790–1796. https://doi.org/10.26740/jpps.v9n2.p1790-1796
Yati Lestari, M., & Diana, N. (2016). Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 01, 1(1), 49–54. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index
Yolanda, Y. (2020). Development of Contextual-Based Teaching Materials in The Course of Magnetic Electricity. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 3(1), 59–69. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Thabiea/article/view/6616
Yolanda, Y. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Fisika Mahasiswa Materi Alat-Alat Optik. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 7(1), 1–13.
Yulisa, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Video Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Smp. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 37. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3445
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kappa Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Kappa memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Kappa dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan