Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis Mahasiswa melalui kegiatan Lesson Study

Authors

  • Sapiruddin Universitas Hamzanwadi
  • Baiq Aryani Novianti Universitas Hamzanwadi
  • Khaerus Syahidi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v8i3.28751

Keywords:

Fisika statistik, Problem based learning, Berpikir Kritis, Lesson Study

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah fisika statistik dengan menerapkan model Problem Based Learning melalui kegiatan lesson study. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan fisika semester lima (V) Program Studi Pendidikan fisika Universitas Hamzanwadi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui kegiatan Lesson Study yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu perencanaan (Plan), pelaksanaan (Do) dan refleksi (See). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa  penerapan model Problem Based learning melalui kegiatan lesson study  dapat meningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah fisika statistik, Adapaun rata-rata prosentase kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada masing-masing siklus yaitu 39% siklus I dan 57% siklus II.

References

Arikunto,Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Diani, I. A., Rahayu, S., & Verawati, N. N. S. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.20414/konstan.v4i1.34

Hotimah, H., & Ramadani, S. D. (2021). Model PBL Diperkaya dengan Reading and Concept Map: Apakah Efektif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Minat Baca Siswa? Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.7524

Isnaneny, F. Y., Sajidan, S., & Masykuri, M. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Ums Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Inkuiri Jurnal Pendidikan IPA. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19798

Juwitasari, R. A., & Suyono, S. (2023). Pembelajaran Materi Laju Reaksi Dengan Penataan Kurikuler Nested Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didk. Journal of Chemical Education. https://doi.org/10.26740/ujced.v12n1.p1-7

Rahmawati, I. (2022). Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Materi Bentuk Pecahan. Journal of Education Research. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.77

Rositawati DN, (2018). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri, Prosiding Seminar dan Aplikasinya, E-ISSN: 2548-8325/P-ISSN 2548-8317.

Ratnaningsih, D. (2020). Implementasi Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) dalam Mata Kuliah Strategi, Metode, dan Media Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Edukasi Lingua Sastra. https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.215

Septiani, D., & Susanti, S. (2021). Urgensi Pembelajaran Inkuiri di Abad ke 21: Kajian Literatur. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.30998/sap.v6i1.7784

Syahidi, K., Hizbi, T., Hidayanti, A., Ditinjau, B., Kemampuan, D., & Kritis, B. (2020). The Effect of PBL Model Based Local Wisdom Towards S tudent ’ s Learning Achievements on Critical Thinking Skills Pengaruh Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Prestasi. Kasuari : Physics Education Journal ( KPEJ ) Universitas Papua, 3(1), 61–68.

Yunita, N., Zahara, L., & Syahidi, K. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Melalui Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kappa Journal, 4(2), 233–239. https://doi.org/10.29408/kpj.v4i2.2756

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Articles