Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PhET Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v9i1.29651Keywords:
Inkuiri Terbimbing, PhET, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan media PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest and posttest with non-eqivalent control group design. Tempat penelitian di SMP Negeri 1 Utan, teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII-2 sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran konvensional dan VII-1 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini berupa soal uraian dengan jumlah 5 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Hasil analisis posttest didapatkan data terdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis posttest diperoleh rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 75,61 dan kelas kontrol sebesar 58,30. Hasil uji N-gain untuk kelas eksperimen diperoleh N-gain skor sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,50 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil yaitu
References
Abbas, S., Nurani, N., Madjid, M., & Bahri, A. (2023). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Di SMP Negeri 2 Majene. In Prosiding Seminar Nasional Biologi: Inovasi Sains & Pembelajarannya, 11(1).
Agustina, K., Sahidu, H., & Gunada, I. W. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media phet terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis fisika peserta didik sma. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 17-24.
Aiyesi, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Teori Heller Pada Materi Hukum Pascal Di Kelas XI MAN 2 Bener Meriah (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan).
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99.
Arikunto. (2017). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia
Daulay, K.R., & Ruhaimah, I. (2019). Polya theory to improve problem-solving skill. IOP Conf. Series: Journal of Physics.
Dewi, C. A., Pahriah, P., & Gazali, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Hidrokarbon Siswa Melalui Model SAVI Disertai Media Puzzle. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 8(1), 19-28.
Doyan, A., Susilawati, S., & Hikmawati, H. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Pada Matakuliah Fisika Kuantum Bagi Mahasiswa Calon Guru. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 6(2), 278-283.
Fatmaryanti, S. D., S. Sawanto dan Ashadi. (2015). Implementation of Guided Inquiry in Physics Learning at Purworejo’s Senior High School. International Conference on Mathematics, Sains and Education (ICMSE) PE 12-15.
Fitrianingsi, A., Rokhmat, J., Taufik, M., & Verawati, N. N. S. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Pengusaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Empiricism Journal, 4(2), 335-342.
Frasandy, R.S., & Nugraha, R. (2018). Keterampilan 4c Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad, 112.
Gunada, I. W., & Roswiani, Y. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Fluida Statis Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Analysis Of Student Problem Solving Lvel In Static Fluid Topic Through Problem Solving Learning Model. J. Pijar MIPA.
Gunawan. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP Unram.
Hayati, S. N., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan media simulasi terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIA SMAN 1 Lingsar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 48-54.
Hendrayadi, H., Kustati, M., & Amelia, R. (2024). Analisis Ulangan Harian Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 10 Padang Tahun Pelajaran 2023/2024 (Telaah Terhadap Reliabilitas, Daya Beda dan Tingkat Kesukaran Menggunakan Software Anates). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6954-6961.
Jauhari, Taantawi., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media phet terhadap hasil belajar fisika Peserta Didik kelas X SMAN 1 Gunungsari tahun pelajaran 2015/2016. . Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1), 7-12.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2016). Kamus Bahasa Indonesia Daring. Jakarta: Balai Pustaka.
Kemendikbudristek No. 008/H/KR/2022, Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.
Mere, K. (2023). Systematic Literature Review: Efektivitas Pemecahan Masalah melalui Model Pembelajaran Inovatif. Journal on Education, 6(1), 3066-3071.
Nurhasanah, A. (2018). Utilization of PHET Simulations as Effort to Solve Learning Disability of Deaf Students in Dynamic Electricity Materials. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL, 1 (1).
Ratnaningdyah, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Novick Dipadukan Dengan Strategi Cooperative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(2), 63-67.
Santoso, N. R. B., & Widodo, W. (2023). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan PHET Simulations Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Materi Tekanan Zat Cair. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 11(2), 188-193.
Saputro, B. (2021). Best practices penelitian pengembangan (research & development) bidang manajemen pendidikan ipa. Academia Publication.
Sari, Y., Rokhmat, J., & Hikmawati, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kausalitik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peseta Didik. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(1).
Septiani, E. S., & Nurhayati, E. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari adversity quotient (AQ) peserta didik melalui model problem based learning (PBL). In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386-397.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: ALFABETA, CV.
Ulya, H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kappa Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Kappa memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Kappa dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan