Pengembangan Awal Media Pembelajaran Fluida Dinamis Berbasis Construct 3 dengan Model 4D
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v9i2.30435Keywords:
fluida dinamis, Construct 3, media pembelajaran, model 4D, Kurikulum Merdeka.Abstract
Pemahaman siswa terhadap konsep fluida dinamis masih rendah karena terbatasnya media visual interaktif yang dapat digunakan secara mandiri. Hal ini menghambat proses pembelajaran fisika yang menuntut kemampuan visualisasi dan eksplorasi konsep-konsep yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Construct 3 pada materi fluida dinamis dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dibatasi pada tahap Define dan Design. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Tahap Define meliputi analisis kurikulum, karakteristik peserta didik, dan materi pembelajaran, sedangkan tahap Design mencakup perancangan flowchart media, tampilan awal, aset visual, dan spesifikasi teknis awal media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain media telah selesai sekitar 85%, mencakup seluruh flowchart interaksi, tampilan antarmuka utama, aset grafis dan audio, serta rancangan navigasi dan animasi dasar. pada tahap ini belum dilakukan uji kevalidan maupun kepraktisan, sehingga belum tersedia indikator keberhasilan secara kuantitatif. Kedepannya proses validasi akan melibatkan validator ahli materi dan ahli media dengan kriteria penilaian seperti kesesuaian konten dengan kurikulum, kejelasan penyampaian konsep, kualitas tampilan visual, navigasi, interaktivitas, serta kemudahan penggunaan oleh siswa. Media yang dikembangkan memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran mandiri dan visualisasi konsep fisika yang kompleks. Media yang dikembangkan memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran mandiri dan visualisasi konsep fisika yang kompleks. Selain itu, media ini sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka karena memungkinkan diferensiasi pembelajaran dan mendorong kemandirian siswa. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah memberikan dasar rancangan awal yang dapat digunakan sebagai pijakan untuk tahap pengembangan dan pengujian lebih lanjut, guna memperoleh media yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran fisika di sekolah. Penelitian ini memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan tahap selanjutnya agar media dapat diterapkan secara luas dalam pembelajaran fisika di sekolah.
References
Abdurrauf, Muhammad Nur, Imam Kuswardayan, and Hadziq Fabroyir. 2024. “Pengembangan Gim Berbasis Web Menggunakan Construct 3 Bagi Anak-Anak Untuk Belajar Logika Pemrograman.” Jurnal Teknik ITS 13(1). https://doi.org/10.12962/j23373539.v13i1.123171
Dasmo, Ade Puji Lestari, and Mashudi Alamsyah. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Ispring Suite 9.” Prosiding Seminar Nasional Sains 1(1):99–102.
Hidayat, Randi Kurnia, Baiq Aryani Novianti, and Subki Subki. 2023. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik Berbasis Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(2):1143–51. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1412
Jihan Hulwa1, Wahyudi2, Ahmad Busyairi3, Ahmad Harjono4. 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Fluida Dinamis Sma Negeri 1 Kediri.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 4(1):98–104. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.548
Lestari, Tri Ayu, Jamaluddin Jamaluddin, and Saepul Pahmi. 2023. “Identifikasi Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Di SMA Kota Mataram.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(4):2071–77. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1640
Oktaviani, Maria, Uto Hawan, Juliana Nirahua, and Heppy Sapulete. 2025. “Peningkatan Penguasaan Materi Fluida Dinamis Berbantuan Media Flipbook Heyzine Dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Increasing Mastery of Dynamic Fluid Material with the Help of Heyzine Flipbook Media in the Discovery Learning Learning Model.” 10(2):59–63.
Permastasari, Shinta, Mohammad Asikin, and Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi). 2022. “Pengembangan Game Edukasi Matematika ‘Matrig’ Dengan Software Construct 3 Di Smp.” Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 8(1):21. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.21-30
Purwaningtias, Wulan Sari, and Ngurah Made Darma Putra. 2020. “Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Dan Miskonsepsi Fisika Pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik Di SMA Negeri 1 Purwodadi.” UPEJ Unnes Physics Education Journal 9(2):139–48.
Putra, Dian Pramana. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Kartun 3D.” Jurnal Literasi Digital 1(2):88–93. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.17
Rahman Hakim, Arif. 2023. “Efektivitas Pembelajaran Fisika Model Discovery Learning Dengan Phet Simulation Pada Materi Fluida Dinamis.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 3(2):216–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.194
Rosa Yuliana, Muhamad Firdaus, and Dwi Oktaviana. 2022. “Pengembangan Game Edukasi Matematika Berbasis Android Menggunakan Sofware Construct 2 Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis.” Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 1(1):82–90. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.281
Sari, Octavia. 2020. “Vox Edukasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Kemandirian Belajar Siswa Mempelajari Pokok Bahasan Praktikum Ipa Bebasis Inkuiri.” 11:105–12.
Setiya Rini, Endah Febri, Riska Fitriani, Maria Marisa Matondang, Fauziah Yolviansyah, Novita Dwi Putri, Falentina Loveria Agatha, and Nola Lolita. 2021. “Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA Negeri 1 Kota Jambi.” Pendipa Journal of Science Education 5(2):256–61. https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.817
Wahyudin, Achmad Yudi, Ade Surahman, Fitria Azzuri, Putri Pertiwi, and Aurora Pradipta. 2023. “Comment : Community Empowerment Peningkatan Kemampuan Teknologi Digital Siswa Melalui Aplikasi Construct 3 : Games For Education Abstrak Kemampuan Teknologi Digital Menjadi Semakin Penting Bagi Para Siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Di Indonesia , M.” 3(1):66–78.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kappa Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Kappa memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Kappa dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan