Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hukum Newton Kelas X

Authors

  • Resto Reswanto Program Studi Tadris Fisika Jurusan PMIPA FTIK IAIN Palangka Raya
  • Hadma Yuliani Program Studi Tadris Fisika Jurusan PMIPA FTIK IAIN Palangka Raya
  • Nur Inayah Syar Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v5i1.3047

Keywords:

Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing, Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik

Abstract

This study was based on the lack of student learning outcomes due to the low variation in the learning model. This study aims to examine (1) Management of learning using inkuiri learning model guided in newton law material class X. (2) Significant influence before and after the implementation of the inkuiri learning model is guided to the learning outcomes in newton law material class X. This research uses quantitative approach and this type of research uses Pre-Experimental design in this design there is no control group to compare with the experimental group and with "One Group Pretest – Posttest Design". Instruments used in the form of observation sheets of learning management, tests of cognitive learning results, observation sheets affective and psychomotor. The population in this study took grade X science students in semester 2 at MA Muslimat NU Palangkaraya by sampling using saturation sampling techniques or saturated samples then the entire population was sampled. The results showed that (1) The management of learning using inquiri guided with an average value of 3.4 is quite good status. (2) The influence of guided inquiri learning models on learning outcomes with a significant value of 0.00 < 0.05.

Author Biographies

Resto Reswanto, Program Studi Tadris Fisika Jurusan PMIPA FTIK IAIN Palangka Raya

Program Studi Tadris Fisika Jurusan  PMIPA FTIK IAIN Palangka Raya

Hadma Yuliani, Program Studi Tadris Fisika Jurusan PMIPA FTIK IAIN Palangka Raya

Program Studi Tadris Fisika Jurusan  PMIPA FTIK IAIN Palangka Raya

Nur Inayah Syar, Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya

Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palangka Raya

References

A‟yunin, Q., Indrawati, I., & Subiki, S. 2017. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Pembelajaran Fisika Materi Listrik Dinamis Di Smk. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2).

Aby Saroja, Ganijanti. 2014. Seri Fisika Dasar Mekanika. Jakarta: Salemba Teknika

Putri, Anisa Apriyani, Suyanto, Eko, Wicaksono,Anggit B. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Praktikum Konversi Energi Panas Ke Listrik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Kappa Journal, 4(2).

Ariesta, R. Supartono. 2011. Pengembangan Perangkat Perkuliahan Kegiatan Laboratorium Fisika Dasar Ii Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).

Ayuningtyas, Putri., Soegimin W.W, Z.A. Imam Supardi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 4(2).

Azizaturredha, Mitha., Fatmawati, Sri., Yuliani, Hadma. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Media Laboratorium Virtual PheT Terhadap Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains dan Minat Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika 4 (01), 1-5.

Fitasari, Nurlia. Singgih Bektiarso. Subiki. 2018. Model Inquiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Hukum Newton Dalam Pembelajaran Fisika SMA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 3.

Fitrayani, Riska. Corebima, Aloysius Duran. Ibrohim. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 3(4).

Hartini. 2017. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi REACT dan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains. Palangkaraya : IAIN Palangkaraya

Hosnah, WM. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2).

Ikhsan, Muhamad. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Keterampilan Observasi Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mandala Educations, 2(2).

Irmi I. Hasan, M. Gani, A. 2019. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Quick Response Code Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa, 4(1).

Isa, A .Wahyudin, Sutikno. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).

Prahani, Binar Kurnia. Soegimin W. W. Leny Yuanita 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Kemampuan Multi Representasi Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 4(2).

Pratiwi, Fitri Khana. Wijayati, Nanik. Muhatmanti, Widhi dan Marsudi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Berbasis Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar Siswa. National Scientific Journal Of Unnes, 13 (1).

Priansa, Donni Junni, S.Pd. S.E. M.M. QWP. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia

Purwanto , Andik .2012. Kemampuan Berpikir Logis Siswa Sma Negeri 8 Kota Bengkulu Dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Exacta, 10(2).

Puspita, Asri Trisna. Budi Jatmiko. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika Materi Fluida Statis Kelas Xi Di Sma Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Vol. 02 No. 03 Tahun 2013, 121 – 125.

Rahayu, Hidya Septina. 2013. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan larutan non elektrolit kelas X SMA Negeri 2 Malang. Diploma Thesis, Universitas Negeri Malang

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Gruop.

Saputra, Teguh., Yuliani, Hadma., Syar, Nur Inayah. 2020. Application of Guided Inquiry Learning Model to Science Process Skills and Habits of Mind On Business and Energy Materials. Madiun: SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika) Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Madiun.

Sasmita, Petri Reni. 2017. Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Media KIT Fisika: Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1).

Savitrie, Vidya Artha. Yolida, Berti, Marpaung, Rini Rita T. 2015. Pengaruh Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Dan Keterampilan Generik Sains. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(10).

Sofiani, Erlina. 2011. Materi Pembelajaran Melalui Model Inkuiri Terbimbing Efektif Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta didik Berdasarkan Beberapa Perwakilan Di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Universitas Islam Negeri Hidayatullah.

Sukardi,. (2007). Metodologi.Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta : PT Bumi Aksara

Sumarni, S. Santoso, Bimo Budi. Suparman, Achmad Rante. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1).

Suprihatiningrum, Jamil. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: A-Ruzz Media.

Wijayanti, P.I. Mosik . N, Hindarto. 2010. Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Cahaya Dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).

Wulandari, Fitria. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogia,

Yamin, Marintis. 2008. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: GP Press

Yulianci, Syahriani. Gunawan. Aris Doyan. 2017. Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2).

Yusakhiril, Lukman. 2015. Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang. Diploma Thesis, Universitas Negeri Malang.

Zahara, Laxmi. 2011. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Educatio, 6 (2).

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles