Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hukum Newton Kelas X

Resto Reswanto, Hadma Yuliani, Nur Inayah Syar

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertolak dari kurangnya hasil belajar siswa dikarenakan rendahnya variasi dalam  model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) Pengelolaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hukum newton kelas X. (2) Pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif, afektif, psikomotorik pada materi hukum newton kelas X.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini menggunakan rancangan Pra-Eksperimen dalam rancangan ini tidak ada kelompok control untuk diperbandingkan dengan kelompok eksperimen dan dengan “One Group Pretest - Posttest Designâ€. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, tes hasil belajar kognitif, lembar pengamatan afektik dan psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini mengambil siswa kelas X IPA semester 2 di MA Muslimat NU Palangkaraya dengan pengambilan sampel menggunakan teknik saturation sampling atau sampel jenuh  maka  seluruh populasi dijadikan sampel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengelolaan pembelajaran menggunakan inquiri terbimbing dengan nilai rata - rata 3,4 berstatus cukup baik. (2) Adanya pengaruh model pembelajaran inquiri terbimbing  terhadap hasil belajar kognitif,afektif, psikomotorik dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05.


Keywords


Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing, Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik

Full Text:

PDF

References


A‟yunin, Q., Indrawati, I., & Subiki, S. 2017. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Pembelajaran Fisika Materi Listrik Dinamis Di Smk. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2).

Aby Saroja, Ganijanti. 2014. Seri Fisika Dasar Mekanika. Jakarta: Salemba Teknika

Putri, Anisa Apriyani, Suyanto, Eko, Wicaksono,Anggit B. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Praktikum Konversi Energi Panas Ke Listrik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Kappa Journal, 4(2).

Ariesta, R. Supartono. 2011. Pengembangan Perangkat Perkuliahan Kegiatan Laboratorium Fisika Dasar Ii Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).

Ayuningtyas, Putri., Soegimin W.W, Z.A. Imam Supardi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 4(2).

Azizaturredha, Mitha., Fatmawati, Sri., Yuliani, Hadma. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Media Laboratorium Virtual PheT Terhadap Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains dan Minat Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika 4 (01), 1-5.

Fitasari, Nurlia. Singgih Bektiarso. Subiki. 2018. Model Inquiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Hukum Newton Dalam Pembelajaran Fisika SMA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 3.

Fitrayani, Riska. Corebima, Aloysius Duran. Ibrohim. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 3(4).

Hartini. 2017. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi REACT dan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains. Palangkaraya : IAIN Palangkaraya

Hosnah, WM. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2).

Ikhsan, Muhamad. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Keterampilan Observasi Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mandala Educations, 2(2).

Irmi I. Hasan, M. Gani, A. 2019. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Quick Response Code Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa, 4(1).

Isa, A .Wahyudin, Sutikno. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).

Prahani, Binar Kurnia. Soegimin W. W. Leny Yuanita 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Kemampuan Multi Representasi Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 4(2).

Pratiwi, Fitri Khana. Wijayati, Nanik. Muhatmanti, Widhi dan Marsudi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Berbasis Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar Siswa. National Scientific Journal Of Unnes, 13 (1).

Priansa, Donni Junni, S.Pd. S.E. M.M. QWP. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia

Purwanto , Andik .2012. Kemampuan Berpikir Logis Siswa Sma Negeri 8 Kota Bengkulu Dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Exacta, 10(2).

Puspita, Asri Trisna. Budi Jatmiko. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika Materi Fluida Statis Kelas Xi Di Sma Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Vol. 02 No. 03 Tahun 2013, 121 – 125.

Rahayu, Hidya Septina. 2013. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan larutan non elektrolit kelas X SMA Negeri 2 Malang. Diploma Thesis, Universitas Negeri Malang

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Gruop.

Saputra, Teguh., Yuliani, Hadma., Syar, Nur Inayah. 2020. Application of Guided Inquiry Learning Model to Science Process Skills and Habits of Mind On Business and Energy Materials. Madiun: SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika) Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Madiun.

Sasmita, Petri Reni. 2017. Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Media KIT Fisika: Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1).

Savitrie, Vidya Artha. Yolida, Berti, Marpaung, Rini Rita T. 2015. Pengaruh Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Dan Keterampilan Generik Sains. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(10).

Sofiani, Erlina. 2011. Materi Pembelajaran Melalui Model Inkuiri Terbimbing Efektif Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta didik Berdasarkan Beberapa Perwakilan Di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Universitas Islam Negeri Hidayatullah.

Sukardi,. (2007). Metodologi.Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta : PT Bumi Aksara

Sumarni, S. Santoso, Bimo Budi. Suparman, Achmad Rante. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1).

Suprihatiningrum, Jamil. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: A-Ruzz Media.

Wijayanti, P.I. Mosik . N, Hindarto. 2010. Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Cahaya Dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).

Wulandari, Fitria. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogia,

Yamin, Marintis. 2008. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: GP Press

Yulianci, Syahriani. Gunawan. Aris Doyan. 2017. Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2).

Yusakhiril, Lukman. 2015. Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang. Diploma Thesis, Universitas Negeri Malang.

Zahara, Laxmi. 2011. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Educatio, 6 (2).




DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v5i1.3047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kappa Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Kappa Journal by http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats