Pengembangan E-Modul IPA Interaktif yang Terintegrasi Kearifan Lokal dan Nilai-nilai Religius pada Materi Suhu dan Kalor

Authors

  • Annisa Lailis Sa'adah Universitas Islam Negeri Sunan Kudus
  • Ulya Fawaida Universitas Islam Negeri Sunan Kudus

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v9i2.30782

Keywords:

E-modul interaktif, Kearifan lokal, nilai religius

Abstract

Materi suhu dan kalor pada pemeblajaran IPA masih dianggap abstrak dan kurang diminati siswa karena bersifat teoritis dan tidak kontekstual. Materi suhu dan kalor jika di amati lebih lanjut memiliki kedekatan dengan kehidupan sehari-hari serta memiliki potensi untuk diintegrasikan dengan nilai-nilai lokal dan religius. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul IPA interaktif yang mengintegrasikan kearifan lokal dan nilai-nilai religius. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) E-modul dikembangan dengan aplikasi canva dan divalidasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Hasil validasi menunjukkan e-modul memperoleh skor 81,26% dari ahli materi dan 87,03% dari ahli media yang keduanya memiliki kategori sangat layak. Uji coba terbatas pada siswa menunjukkan respon positif terhadap, manfaat, kegunaan, dan tampilan modul. Integrasi budaya lokal pembuatan jenang kudus serta ayat-ayat al-qur’an dalam modul ini memberikan konteks yang lebih dekat dengan kehidupan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

References

Astuti, M. W., Hartini, S., & Mastuang, M. (2018). Pengembangan Modul IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 205. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4934

Dian Christi, R. Y., Handhika, J., & Yusro, A. C. (2020). Pengembangan Modul Fisika Berbasis OASIS Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 13(2), 55–60. https://doi.org/10.37729/radiasi.v13i2.296

Diani, R., Yuberti, Y., & Syarlisjiswan, M. R. (2018). Web-Enhanced Course Based on Problem-Based Learning (PBL): Development of Interactive Learning Media for Basic Physics II. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(1), 105. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i1.2849

Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., Sugihartini, N. S., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning Untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), 33. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12166

Hasanah, I., Sarwanto, S., & Masykuri, M. (2018). Pengembangan Modul Suhu dan Kalor Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 3(1), 38. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p38-44

Himmah, E. F. (2019). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Professional Pada Materi Suhu Dan Kalor. 1.

Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 15(2). https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866

Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505–512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.879

Sahara, R., Johan, H., & Medriati, R. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Berbasis Etnosains Materi Suhu dan Kalor Kelas XI SMAN Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 661. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.6459

Saputri, R. (t.t.). Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Juni 2018.

Sari, R. I., Jufrida, J., Kurniawan, W., & Basuki, F. (2021). Pengembangan E-modul Materi Suhu dan Kalor SMA Kelas XI Berbasis Etnophysics. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 46. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.697

Slamet, F. A. (2022). Model Penelitian Pengembangan. https://perpustakaan.iaiskjmalang.ac.id/wp-content/uploads/2023/09/64-Model-Penelitian-Pengembanagn-RD.pdf

Soprihatin, P. Y., & Haqiqi, A. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Simulasi Interaktif Berbasis Adobe Flash Materi Suhu dan Kalor. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(2), 129–138. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i2.12438

Wati, M., Apriani, R., Misbah, M., Miriam, S., & Mahtari, S. (2021). Pengembangan E-Modul Suhu dan Kalor Bermuatan Kearifan Lokal Melalui Aplikasi Sigil. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 112–121. https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.11107

Habibi, Z., Syahidi, K., Wajdi, B., & Yusri, A. (2024). The Influence of Local Wisdom-Based Inquiry Models on Problem Solving Skills. Indonesian Journal of Innovation in Education Research, 1(1), 15–19.

Jauhariyah, M.N.R., Sunarti, T., Wasis, W., Setyarsih, W., Zainuddin, A., Fatimah, S., Syahidi, K., Safitri, N. S. (2021). Scientific Research Trend on Creativity in Physics Learning. International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021), 209(Ijcse), 560–567.

Misbah, M., Khairunnisa, Y., Amrita, P. D., Dewantara, D., Mahtari, S., Syahidi, K., Muhammad, N., Prahani, B. K., & Deta, U. A. (2021). The effectiveness of introduction to nuclear physics e-module as a teaching material during covid-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012052

Misbah, M., Purwasih, D., Muhammad, N., Syahidi, K., Komariyah, L., Wahyudi, W., & Nurhayati, N. (2022). Research Trend of Local Wisdom in Physics Education From 2018 To 2022: a Bibliometric Review and Analysis. Journal of Engineering Science and Technology, 17, 152–160.

Downloads

Published

2025-08-30

Issue

Section

Articles