Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v9i2.30899Keywords:
Kemampuan berpikir kritis, Pembelajaran Fisika, Model problem based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X G SMA Negeri 2 Pamekasan, khususnya dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Metode penelitian ini menggunakan PTK, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebanyak 35 siswa berpartisipasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang memuat pertanyaan deskriptif yang disusun sesuai dengan indikator berpikir kritis yang diuraikan oleh Ennis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL menghasilkan peningkatan yang nyata dalam keterampilan berpikir kritis siswa. Pada siklus pertama, tingkat ketuntasan belajar mencapai 62,85% dengan skor rata-rata 71,14. Kemajuan yang lebih tinggi terlihat pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar meningkat menjadi 74,29% dan skor rata-rata naik menjadi 80,85. Seluruh indikator berpikir kritis mengalami perkembangan positif, meliputi kemampuan memberikan penjelasan tambahan, mengembangkan keterampilan dasar, merumuskan penjelasan sederhana, menarik kesimpulan, serta merancang strategi dan taktik. Upaya peningkatan kinerja pada siklus kedua, seperti integrasi media interaktif berupa video kontekstual serta penguatan manajemen kelas, turut berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan capaian belajar siswa secara keseluruhan. Akibatnya, model PBL telah menunjukkan efektivitasnya dalam menumbuhkan pemikiran kritis, mempromosikan suasana belajar yang menarik dan kontekstual, dan menyelaraskan dengan persyaratan Kurikulum Merdeka dan kompetensi abad ke-21. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran ini dapat menjadi strategi alternatif yang layak untuk mengajar Fisika di tingkat pendidikan menengah.
References
Ady, W. N., Muhajir, S. N., & Irvani, A. I. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Permainan Tradisional. 14(September), 772–785.
Anugrah, J. I., & Astriani, D. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Sains. 12(2), 38–42.
Arifah, N., Kadir, F., & Nuroso, H. (2021). Hubungan Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 4(1), 14–20.
Cahyaningtyas, P., & Sutarni, S. (2024). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Muh 2 Jatinom. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 759–770. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2586
Erliadi, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Fisika Pada Kelas X SMA Negeri 1 Sekerak. Wahana, 73(1), 108–118. https://doi.org/10.36456/wahana.v73i1.3883
Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1547–1554. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Ihsan, A., Syahfitri, L., Bahri, S., Zahari, L., Awalia, N., Muslim, U., & Washliyah, N. A.-. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Quizizz. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 96–113. https://doi.org/https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.467
Kawuryan, S. P., Sayuti, S. A., & Aman. (2022). Critical thinking among fourth grade elementary schol students: A gender perspective. Cakrawala Pendidikan, 41(1), 211–224. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.44322
Kurjum, M., Muhid, A., & Thohir, M. (2020). Think-pair-share model as solution to develop students’ critical thinking in islamic studies: Is it effective? Cakrawala Pendidikan, 39(1), 144–155. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.28762
Mukarima, U. S., Wawan, W., Setiawan, A., Ningsih, E. F., & Choirudin, C. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Pembelajaran Magic Board untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 152–155. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.367
Nasihah, E. D., Supeno, S., & Lesmono, A. D. (2020). Pengaruh Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 44. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.1899
Ningsih, V. A., Syam, M., & Komariyah, L. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Termodinamika. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 5(2), 96–106.
Nisah, K., Saminan, Syukri, M., Elisa, & Markisni. (2024). Optimizing of Physics Learning through PjBL-STEM Model to Improve Critical Thinking Skills and Students Responsibility Attitudes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(4), 1770–1778. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i4.6795
Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H. M., & Ali, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 95. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2461
Pujie, D. A., Putri, R., Syam, M., & Hakim, A. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Topik Pemanasan Global. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 12(2), 139–153. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v12i2.10992
Rahmawati, I. (2022). Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Materi Bentuk Pecahan. Journal of Education Research, 3(2), 62–70. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.77
Roodsari, M. R., Fazallahi, S., & Roodsari, S. Z. (2024). Presenting a Model for the Evaluation of the Quality of e-learning at Payam Noor University of Arak. The Journal of Quality in Education (JoQiE), 14(24), 75–93.
Said, S., & Azhar, A. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ips3 Pada Materi Ekonomi Di Sma Negeri 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 3(2), 75–85. https://doi.org/10.33627/pk.v3i2.397
Sapiruddin, Novianti, B. A., & Syahidi, K. (2024). Model Problem Based Learning ( PBL ) untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis Mahasiswa melalui kegiatan Lesson Study. Kappa Journal Physics & Physics Education, 8(3), 519–523. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/kpj.v8i3.28751
Sari, T. N., Sukarno, & Irawan, T. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas X Di Sma Negeri 36 Musi Banyuasin. 2(April 2021).
Shalihah, U., Widya, T. P., & Rini. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan IPA Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 12815–12823.
Sri Wahyuni, Fershanda Vivi Hartono, Nabila Hafizhah, Linggar Dea Slavira, Dwi Sri Astutik, Wawuk Lisnawati, & Deby Izmarini. (2023). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 963–969. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1242
Valentin, J. A., Shinta, N. M., Saputra, D. A., Kartiningtyas, W., Kritis, B., & Belajar, H. (2024). Problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 5962–5970. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/28448
Zakiyah, R. E., Suryana, D., & Zulkarnaen, R. H. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Basicedu, 7(3), 1852–1861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5693
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kappa Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Kappa memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Kappa dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan