Pengembangan Modul Elektronika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Sensor dan Transduser

Authors

  • Ertina Novirasari Universitas Jambi
  • Nehru Nehru Universitas Jambi
  • Febri Berthalita Pujaningsih Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v9i3.32684

Keywords:

Pengembangan Modul, Project Based Learning, Sensor dan Transduser, ADDIE

Abstract

Permasalahan yang ditemukan pada pembelajaran elektronika materi sensor dan transduser adalah kurangnya bahan ajar yang sesuai dan mampu mendorong pemahaman mahasiswa secara mendalam. Sebanyak 82,6% mahasiswa menyatakan kesulitan dalam memahami materi dan 91,32% menyatakan perlunya pengembangan bahan ajar yang  kontekstual dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronika berbasis proyek (Project Based Learning) yang dapat memfasilitasi pembelajaran aktif, mandiri dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian model ADDIE. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media dan 26 mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi sebagai pengguna akhir. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi dan angket persepsi mahasiswa. Data analisis secara deskriptif kuantitatif berdasarkan kriteria kelayakan dan penerimaan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang tinggi dengan persentase  dari ahli materi 83,1% dan ahli media 89%. Sementara itu, hasil persepsi mahasiswa terhadap modul menunjukkan kategori “sangat baik” dengan persentase sebesar 84,5 %. Dapat disimpulkan bahwa modul elektronika berbasis proyek pada materi sensor dan transduser dinyatakan valid dan sangat baik menurut ahli dan mahasiswa serta layak digunakan sebagai bahan ajar yang mendukung pembelajaran aktif dan kontekstual. Penggunaan modul ini diharapkan dapat menjadi alternatif solusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran elektronika di perguruan tinggi.

References

Al Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Matematikan Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224– 236.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning 9, 292–299.

Aninda, A., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi Stem Siswa Sma. 3, 1–16.

Anjarsari, W., & Kamaludin, D. (2021). Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. 10(2), 255–263.

Azizah, L. M., Poernomo, J. B., & Faqih, M. I. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Alat-Alat Optik Kelas Xi Ma / Sma. 1(1), 11–20.

Handayani, L. (2020). Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy : 7(3), 168–174.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1, 80–86. Https://Doi.Org/10.34007/Ppd.V1i1.174

Muis, A., Pawero, D., Agama, I., Negeri, I., & Manado, I. (2021). Arah Baru Perencanaan Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan. 4(1).

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Nalisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. 10(3), 694–700.

Saputri, N., Azizah, I. N., & Hernisawati. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Modul Dengan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Himpunan. 1(2), 48–58.

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi : Sebuah Tinjauan Literatur. 2(2), 30–38.

Downloads

Published

2025-12-08