Analisis Integrasi SDGs dalam Pembelajaran Fisika dan Dampaknya Terhadap Sustainability Awareness Siswa SMA Kota Lhokseumawe

Authors

  • Widya Widya Universitasm Malikussaleh
  • Riza Andriani Universitas Malikussaleh
  • Nurul Fadieny
  • Dila Trianasari Universitas Malikussaleh
  • Nabila Putri Hardianti Lubis Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v9i3.32983

Keywords:

Integrasi, SDGs, Fisika, Awarness

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat integrasi Sustainable Development Goals (SDGs) dalam pembelajaran fisika di SMA Kota Lhokseumawe serta hubungannya dengan sustainability awareness siswa. Menggunakan pendekatan kuantitatif-metode survei, data dikumpulkan dari 12 guru fisika (purposive sampling) dan 173 siswa (stratified random sampling) dengan angket tervalidasi. Integrasi SDGs diukur pada lima komponen (tujuan, materi, metode, media, penilaian), sedangkan sustainability awareness mencakup tiga dimensi (kognitif, afektif, perilaku). Hasil menunjukkan integrasi SDGs oleh guru berada pada kategori sangat baik (skor total 85), dengan kontribusi tertinggi pada materi(90,28), diikuti metode (86,11), tujuan (85,42), media (85,42), dan terendah penilaian (77,78). Rata-rata sustainability awareness siswa berada pada kategori baik (77,50), dengan urutan afektif tertinggi (80,00), kognitif (77,23), dan perilaku terendah (75,29), mengindikasikan adanya kesenjangan pengetahuan–sikap terhadap perilaku nyata (attitude–behavior gap). Uji korelasi Spearman memperlihatkan hubungan negatif lemah namun signifikan antara integrasi SDGs dan sustainability awareness (ρ = −0,271; p < 0,01). Temuan ini ditafsirkan sebagai indikasi ketidaksesuaian antara perencanaan dan implementasi, perbedaan indikator guru–siswa, serta minimnya asesmen autentik yang menilai aksi berkelanjutan. Kebaruan studi ini terletak pada analisis simultan yang menghubungkan tingkat integrasi guru dan sustainability awareness siswa secara komprehensif dalam konteks lokal Lhokseumawe—sebuah perspektif yang belum banyak dieksplorasi pada penelitian sebelumnya. Implikasi praktis menekankan penguatan strategi berbasis aksi (project/service learning kontekstual) dan penilaian autentik (portofolio proyek, rubrik sikap, jurnal refleksi) agar capaian kognitif–afektif terkonversi menjadi perilaku berkelanjutan. Studi lanjutan disarankan menguji jalur kausal secara longitudinal/eksperimental serta menyelaraskan konstruk pengukuran guru–siswa.

References

Al Jarwi, Muh. A., Kosim, Rohkmat, J., & Jufri, A. W. (2024). Dampak Penggunaan E-Modul IPA Terintegrasi STEM untuk Penguatan Sustainable Development Goals (SDGs) dan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berpikir Kritis: Literatur Review. Kappa Journal, 8(2), 307–313. https://doi.org/10.29408/kpj.v8i2.27314

Devira Eka Yuliani, Rosita Putri Rahmi Haerani, Mustamiroh, M., & Hety Diana Septika. (2025). Pengembangan E-DUKTIF (E-Modul Interaktif) Berorientasi SDGs-7: Energi Bersih Terjangkau Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(3), 1045–1053. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i3.3138

Efwinda, S., Sulaeman, N. F., Nasution, R., Farida, S. D. W. P., Sari, E., Zahidsyahtya, M. A., Anggraeni, D. S., Hyacinta, N. A., & Kieza, R. A. (2024). Dukungan Untuk Sustainable Development Goals: Pelatihan Pembelajaran Stem-Eduwisata Untuk Guru IPA SMP Samarinda. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 892–909. https://doi.org/10.31571/gervasi.v8i3.8028

Fahrizal, E., Al Mujihad, A., & Saputra, D. E. (2022). Orientasi Kualitas Permukiman Kota Terhadap Keberlanjutan Lingkungan-Fisik (Studi Kasus: Gampong Hagu Selatan, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe).

Ferrer-Estévez, M., & Chalmeta, R. (2021). Integrating Sustainable Development Goals in educational institutions. The International Journal of Management Education, 19(2), 100494. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100494

Idha budiati, M. Syaiful Hayat, & Siti Fatonah. (2025). Potensi Integrasi STEAM-SDGs dalam Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Bina Utama Kendal. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(1), 148–155. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2451

Irma Amelia. (2025). Pengembangan E-Modul Fisika Terintegrasi Education for Sustainable Development (Esd) Pada Topik Perubahan Iklim Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpf.v15i1.92997

Makinde, S. O., Ajani, Y. A., & Abdulrahman, M. R. (2024). Smart Learning as Transformative Impact of Technology: A Paradigm for Accomplishing Sustainable Development Goals (SDGs) in Education. https://doi.org/10.17509/ijert.v4i3.66097

Martanti, F., Shobirin, as, Fatkhurronji, M., & Surjanto, A. (2025). Integration of Learning, Innovation, and SDGs Value in Pesantren: Sustainable Islamic Education Development. Jurnal Studi Islam, 26(2), 457–470. https://doi.org/10.23917/profetika.v26i02.11553

Meda, T. (2022). Analisis Potensi RPP Education for Sustainable Development pada Mata Pelajaran Fisika SMA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 344–352. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.446

Nguyen, L. T. Van, Cleveland, D., Nguyen, C. T. M., & Joyce, C. (2024). Problem-based learning and the integration of sustainable development goals. Journal of Work-Applied Management, 16(2), 218–234. https://doi.org/10.1108/JWAM-12-2023-0142

Novaes, A. L. (2025). Enhancing sustainability education in higher education through simulation-based learning: integrating sustainable development goals. International Journal of Sustainability in Higher Education. https://doi.org/10.1108/IJSHE-08-2024-0571

Pérez-Sánchez, M., Díaz-Madroñero, M., Mula, J., & Sanchis, R. (2020). The sustainable development goals (sdgs) applied to higher education. A project-based learning proposal integrated with the sdgs in bachelor degrees at the campus alcoy (UPV). 3997–4005. https://doi.org/10.21125/edulearn.2020.1078

Putri, H. V, & Wahyuningsih, dan D. (2023). Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Implementasi Model Project Based Learning (PjBL)-STEM dalam Pembelajaran Fisika Tahun 2011-2021.

Rahayu, I. K., Sanjaya, Y., & Solihat, R. (2021). Integration of SDGs in environmental education subjects of adiwiyata vocational high school. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012167

Rajabifard, A., Kahalimoghadam, M., Lumantarna, E., Herath, N., Hui, F. K. P., & Assarkhaniki, Z. (2021). Applying SDGs as a systematic approach for incorporating sustainability in higher education. International Journal of Sustainability in Higher Education, 22(6), 1266–1284. https://doi.org/10.1108/IJSHE-10-2020-0418

Syaipul Hayat, M., Yunus, M., Qotrun Nada, N., & Suma, S. (2024). Analysis of the Integration of SDGs Values in Learning Science Project in Vocational Schools to Build a Sustainable Lifestyle. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v9i6.15265

Widya, W., Andriani, R., Iqbal, M., Trianasari, D., & Putri, S. C. (2024). Challenges and Needs in Integrating Sustainable Development Goals (SDGs) Into High School Physics Curriculum: A Study In Lhokseumawe, Indonesia. Proceedings MICoMS, 2024, 36. https://doi.org/10.29103/micoms.v4.2024

Zahrudin Afnan, M., Nurreza Setyawan, S., Hilmi Ihsanul Iman, M., Ayu Dea Kirana Anjani, G., & Pratiwi Puspitawati, R. (n.d.). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal untuk Mewujudkan Pembelajaran yang Terintegrasi SDGs: Scientific Literature Review.

Downloads

Published

2025-12-14

Issue

Section

Articles