Komparasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menggunakan Multimedia Interaktif Model Drils dan Media Komik Sains Terhadap Prestasi Belajar

Fartina Fartina, Khaerus Syahidi, Laxmi Zahara, Zaotul Wardi, Yulia Hikmiaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan multimedia interaktif model drills dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media komik sains.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Negeri Model Selong dan pengambilan sampel ditentukan dengan teknik sampling bertingkat yaitu teknik cluster random sampling  untuk memilih  kelas dan  simple random sampling untuk memilih siswa yang terdapat dikelas tersebut. Teknik kedua sampling tersebut merupakan  pengambilan sampel secara acak dengan cara diundi, cluster random sampling yaitu kelas dibagi menjadi kelas eksperimen I yaitu kelas yang diajarkan menggunakan multimedia interaktif model drills (kelas VII-E) dan kelas eksperimen II yaitu kelas yang diajarkan dengan menggunakan media komik sains (kelas VII-F) yang masing-masing berjumlah 36 orang siswa. Dan simple random sampling yaitu siswa diundi setelah pengambilan data untuk mengurangi sampel menjadi 30 orang siswa untuk mempermudah dalam pengujian hipotesis. Teknik pengumpulan data menggunakan post-test sedangkan teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah dengan uji-t.

Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan multimedia interaktif model drills dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media komik sains. Hal ini dapat dilihat pada data hasil post-test dimana t-hitung > t-tabel yaitu 2,206 > 2,002. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan multimedia interaktif model drills dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan komik sains.


Keywords


Multimedia interaktif model drills dan media komik sains, prestasi belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Ain, T. N. 2013. Pemanfaatan Visualisasi Video Percobaan Gravity Current Untuk

Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol.2(2): 97-102

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Edisi Revisi XIV. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hosnah, W. M., Sudarti, dan Subiki. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.6(2): 196-200.

Listyaningtyas, W. W., S. Wahyuni, dan Yushardi. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran IPA Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Benda Di Mts. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.3(4): 313-316.

Rofiqoh, M. S., S. Bektiarso, dan S. Wahyuni. 2015. Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Learning

Cycle 5E Berorientasi Keterampilan Proses Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.4(1): 69-74.

Siregar, F. A. 2012. Pengaruh model kooperatif tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.1(1): 33-38.

Supardi, Leonard, H. Suhendri, dan Rismurdiyati. 2012. Pengaruh Media

Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif. Vol.2(1): 71-81.




DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v5i1.3490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kappa Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Kappa Journal by http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats