Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Quizizz Pada Materi Usaha dan Energi

Nabila Ayunda Putri, Mukhayyarotin Niswati Rodliyatul Jauhariyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen untuk menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi yang layak, serta mendeskripsikan profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini menggunakan model Research & Development (R&D) dari Borg dan Gall dengan desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen tes yang dikembangkan divalidasi oleh dosen ahli instrumen, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan metode validasi yang dilakukan oleh tiga dosen dari jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya dan metode tes menggunakan Quizizz yang dilakukan terhadap 29 siswa kelas X MIPA-2 SMA At-Ta’miriyyah Surabaya. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Persentase validitas teoritis rata-rata pada ranah konstruksi, bahasa, dan media sebesar 97,03% atau berada pada kategori sangat layak. Hasil ujicoba produk pada 29 siswa dianalisis daya pembeda, reliabilitas, dan validitas itemnya. Dari analisis tersebut diperoleh validitas empiris sebanyak 10 soal dinyatakan layak secara empiris. Instrumen tes yang telah layak kemudian digunakan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. 44.83% siswa dengan kategori sangat tinggi, 13.79% dengan kategori baik, 0% dengan kategori cukup, dan 41.38% dengan kategori kurang. Kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kompetensi menganalisis (C4) lebih rendah yaitu 67.49% dibandingkan pada kompetensi mengevaluasi (C5) sebesar 80.46%.

Keywords


Penilaian; HOTS; Quizizz; Usaha dan Energi.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., & Wisudawati, A. (2017). Pengembangan instrumen tes berbasis literasi sains. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(2), 112–121.

Alfika, Z. A., & Mayasari, T. (2018). Profil kemampuan memecahkan masalah pelajaran fisika siswa MTs. Quantum: Seminar Nasional Fisika, Dan Pendidikan Fisika, 583–589.

Angraini, G., & Sriyati, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMAN Kelas X di Kota Solok pada Konten Biologi. Jurnal of Education Informatic Technology Aand Science, 1(1), 114–124.

Arifin, Z. (2013). Evaluasi pembelajaran: Prinsip, teknik, prosedur [Learning evaluation: Principles, techniques, and procedure]. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Ayumniyya, L., & Setyarsih, W. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah pada Materi Hukum Newton. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 50–58.

Conklin, W. (2011). Higher-order thinking skills to develop 21st century learners. Teacher Created Materials.

Desiriah, E., & Setyarsih, W. (2021). Tinjauan Literatur Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Fisika Di SMA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 79–89.

Gardner, H. (2013). Multiple Intelligences (terjemahanYelvi Andri Zaimul). Jakarta: Daras Book.

Hidayah, N., Silitonga, H. T. M., & Mahmuda, D. (2018). Pengembangan Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Getaran Harmonis Untuk SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7).

Indrawati, M. D. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains Fisika Peserta Didik Pada Bahasan Gelombang Bunyi di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 7(1).

Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). Pengembangan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (pysthots) peserta didik SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1–12.

Ju, S. Y., & Adam, Z. (2018). Implementing Quizizz as game based learning in the Arabic classroom. European Journal of Social Science Education and Research, 5(1), 194–198.

Kivunja, C. (2015). Why Students Don’t Like Assessment and How to Change Their Perceptions in 21 st Century Pedagogies. Creative Education, 6(20), 2117.

Nisa, S. K. (2018). Analisis dan Pengembangan Soal High Order Thinking Skills (HOTS) Mata Pelajaran Fisika Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2).

Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.

Nugroho, R. A. (2018). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nurhayati, N., & Angraeni, L. (2017). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa (higher order thinking) dalam menyelesaikan soal konsep optika melalui model problem based learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 119–126.

OECD. (2019). PISA 2018 Assesment and Analytical Framework. Paris : OECD Publishing.

Permendikbud No 23. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI, NO 23.

Permendikbud No 53. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, No. 53.

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi implementasi model ADDIE. Kencana.

Priyadi, R., Mustajab, A., Tatsar, M. Z., & Kusairi, S. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X MIPA dalam pembelajaran fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 53–55.

Puspendik. (2019). Rekap Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019 SMA/MA. Hasil UN SMA. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/

Rahmadani, Y., Fitakurahmah, N., Fungky, N., Prihatin, R., Majid, Q., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa di Salah Satu Sekolah Swasta di Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 183–190.

Riduwan, M. B. A. D. (2012). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rohmah, U. A., & Sunarti, T. (2020). Profil Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik SMA Pada Materi Kalor. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 466–472.

Rosidah, F. E. (2017). Pengembangan Tes Literasi Sains Pada Materi Kalor Di Sma Negeri 5 Surabaya. IPF : Inovasi Pendidikan FisikaInovasi Pendidikan Fisika, 6(3).

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178.

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta, CV.

Suryani, I., Yolanda, Y., & Ariani, T. (2016). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika Tentang Impuls dan Momentum. Jurnal Fisika, 1(10), 21–27.

Wijaya, P. A., & Suyono, A. (2019). Profil Kemampuan Mahasiswa dalam Mengembangkan Instrumen Tes Mengacu Standar Hots pada Mata Kuliah Evaluasi dan Teknik Pencapaian Hasil Belajar. PEKA : Pendidikan Matematika, 7(2).

Witri, S., Febrian, F., & Tambunan, L. R. (2019). Deskripsi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Kelas X SMAN 2 Tanjungpinang. Jurnal Gantang, 4(2), 155–160.

Yuliantaningrum, L., & Sunarti, T. (2020). Pengembangan Instrumen Soal HOTS untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, dan Pemecahan Masalah Materi Gerak Lurus pada Peserta Didik SMA. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2).




DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v5i1.3661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kappa Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Kappa Journal by http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats