Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan Think Pair Share ditinjau dari Motivasi

Laxmi Zahara, Khaerus Syahidi, Fartina Fartina, Baiq Aryani Novianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT dan TPS terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa, dan interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi terhadap prestasi belajar siswa. 

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIIMTs. NW Wanasaba yang berjumlah 60 orang yang terdiri dari 3 kelas yaitu : kelas VIIA, VIIB dan VIIC. Sampel penelitian adalah kelas VIIA dan VIIB yang diperoleh dengan cara Cluster Random Sampling.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes obyektif pilihan ganda. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogen, dimana uji normalitas dengan menggunakan chi-kuadrat dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlet. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis ialah uji Anava Dua Jalan (two way anava) dan menggunakan uji scheff untuk uji lanjut anava.

Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran NHT dan TPS terhadap prestasi belajar siswa, ada pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa, dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi terhadap prestasi belajar siswa. 


Keywords


NHT, TPS, motivasi

Full Text:

PDF

References


Eviliyanida. 2011. “MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF.†Visipena Journal.

MarantikaLia Kristyasari, M. Masykuri and Budi Hastuti. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dan TPS Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Matemaitika Pada Matematika .†2015 4(3).

Nasrulloh, Farid. 2017. “KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DAN NHT DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI.†EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi 3(1):176–89.

Pane, Aprida and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.†FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3(2):333.

Sujana, I. Wayan Cong. 2019. “FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA.†Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar.

Sulipan. 2011. “Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) | PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA.†Retrieved April 18, 2021 (https://sulipan.wordpress.com/2011/05/16/model-pembelajaran-kooperatif-numbered-head-together-nht/).

Wiandari, Eka. 2021. “Motivasi Belajar Siswa: Jenis & Cara Meningkatkannya | Quipper Blog.†Retrieved April 18, 2021 (https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/motivasi-belajar-siswa/).

Widiyastuti, Sri. 2013. “PEMBELAJARAN FISIKA MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI INTERAKSI SOSIAL DAN SIKAP ILMIAH.â€

Yeni and Siti. 2010. “MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE ~ FISIKA SMA Online.†Retrieved April 18, 2021 (http://fisikasma-online.blogspot.com/2010/12/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html).




DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v5i1.3732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kappa Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Kappa Journal by http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats