Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA - Fisika Siswa

Authors

  • Tsamarul Hizbi Universitas Hamzanwadi
  • Badrul Wajdi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v1i1.405

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode concept map dan mind map, 2) Pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar, 3) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dibelajarkan dengan meiode concept map dibandingkan dengan metode mind map, 4) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah lebih rendah dibelajarkan dengan meiode concept map dibandingkan dengan metode mind map. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan treatment by level design. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji variansi dua jalur. Hasil uji menunjukkan bahwa; 1) Tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode concept map dan mind map, 2) Ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar, 3) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dibelajarkan dengan meiode concept map dibandingkan dengan metode mind map, 4) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah tidak lebih rendah dibelajarkan dengan meiode concept map dibandingkan  dengan metode mind map.

References

Aisah Ika Wardani. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Think Paer Share (TPS) Menggunakan Strategi Peta Konsep dan Peta Pikiran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Ikatan Kimia Kelas IX SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Surakarta: Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), volume 3, nomor 2, hal. 1-9

Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Budiono. (2004). Statistika untuk Penelitian. Surakarta. Sebelas Maret Universiti Press.

Faizi, Mastur. (2013). Ragam Metode Mengajar Eksakta pada Murid. Jogjakarta: DIVA Press.

Laila puspita. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen di Sertai dengan Teknik Concept Map dan Mind Map Terhadap Prestasi Belajar Biologi Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa. Surakarta: Jurnal Inkuiri, volume 3, nomer 1, hal. 1-11

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wahyudin, Dinn, dkk. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Warseno, Agus. dan Ratih Kumorojati. (2011). Super Learning. Jogjakarta: DIVA Press

(http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/60/jbptunikompp-gdl-s1-2006-ganjarnugroho-2953-bab-ii-b-r.doc. diakses pada tanggal 10 februari 2016 jam 11.42).

Nengsih W dan Yulhendri (2015). Pengaruh Metode Diskusi Dengan Media Mind Mapping Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Sungai Pua Kabupaten Agam

Downloads

Published

2017-06-30

Issue

Section

Articles