Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Siswa Sekolah Menengah Di Palangka Raya Menggunakan Pendekatan Saintifik
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v1i1.417Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah dalam peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan penerapan model pembelajaran PBL dan PjBL dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa setelah menggunakan penerapan model pembelajaran PBL dan PjBL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode pre-experiment, dengan desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar (THB) kognitif, lembar tes kemampuan memecahkan masalah (KMM) dan lembar pengamatan aktivitas pembelajaran fisika.Hasil penelitian: 1) Hasil belajar siswa dengan menerapkan model PBL dan PjBL dapat dikatakan mengalami peningkatan; dan 2) hasil nilai N-Gain kemampuan memecahkan masalah siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training memperoleh nilai N-Gain rata-rata sebesar 0.45 dengan kategori sedang;
References
Afid Burhanuddin, Pengertian dan Unsur Pendidikan, ARTIKEL Penelitian h. 4-6
Hake, Richard R. 1998. “Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses,†Am. J. Phys. 66, 64–74
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Kemendikbud. 2013. Pendekatan dan stra-tegi Pembelajaran. Jakarta
Made Wena, 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang : Bumi Askara.
_______. 2011. Strategi Pembelajaran Inivatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara.
permendikbud tahun 2014 no. 103
Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo Bersada,
Suharsimi Arikunto. 2003. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
_______. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Sumarna Surapranata. 2004. Analisis Validitas Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif, Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Winkel, W. S. 1996. Psikologi Pengajaran.. Jakarta: PT. Gramedia
Zainal Arifin. 2011. Evaluasi Pembela-jaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya