Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Disertai Permainan Penyegar (Ice Breaking) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Terpadu Tahun Pelajaran 2016 / 2017

Authors

  • Dedy Hidayatullah Al Arifin Universitas Muhammadiyah Metro
  • Yuli Astuti Universitas Muhammadiyah Metro

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v1i1.418

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran mind mapping disertai ice breaking terhadap aktivitas belajar dan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran mind mapping disertai ice breaking terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 2 Metro yang berjumlah 238 siswa dan sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling yakni penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Penelitian ini menggunakan Design Quasi Eksperimental dengan berbentuk Posttest-Only Control Design. Penelitian ini telah dilaksanakan di kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Kelas eksperimen menerapkan metode mind mapping disertai ice breaking sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes. Instrumen sebelum digunakan dilakukan validasi ahli dan di uji reliabilitas soal serta dilakukan uji tingkat kesukaran soal sehingga dikatakan layak gunakan. Hasil analisis uji perbedaan dua rata-rata aktivitas dan hasil belajar yang diterapkan dengan menggunakan metode mind mapping disertai ice breaking lebih tinggi dibandingkan aktivitas dan hasil belajar kelas kontrol. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dari metode pembelajaran mind mapping disertai ice breaking terhadap aktivitas dan hasil belajar

References

Arif Rahman Aththbbi dan Dedy Hidayatullah Alarifin. http://journal.uad.ac.id/index.php/JRKPF/article/view/3246

Arikunto, S., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Windura, Sutanto 2008. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: Elex Media Komputindo

Downloads

Published

2017-06-30

Issue

Section

Articles