Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual disertai Concept Mapping pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke

Fartina Fartina, Laxmi Zahara, Khaerus Syahidi, Hikmatul Qudsiah

Abstract


This research aims to develop and determine the quality of the contextual learning module accompanied by a concept mapping  of elasticity material andlaw Hooke  in class XI IPA MA Mu'allimat NW Pancor students. This type of research is research and development. The method used in this research is 4-D method, which consists of the stages of define, design, development and dissemination. This research is limited to the stage, development namely the development test on a limited scale. The data in this study were analyzed descriptively qualitatively. The research subjects included 3 lecturers and 3 physics teachers as validators, and students of class XI IPA 1 MA Mu'allimat NW Pancor as respondents. The validation of lecturers and physics teachers both resulted in a score of 3.85 and the development trial on a limited scale resulted in a score of 3.88. All research results indicate that the module is feasible to be developed.

Keywords


Contextual, Concept Mapping, Module

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2015. Pemanfaatan Elastisitas Pada Sepeda Motor. Diunduh di http://fisikachakim.blogspot.om/2015/12/pemanfaatan-elastisitas-pada-sepeda.html?,=1 pada tanggal 28 Maret 2020.

BSNP. 2014. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Diunduh di https://bsnp-indonesia.org/ategory/evaluasi-buku/ pada 14 Maret 2020.

Chasanah, Risdiyani, Dara Nurani & Adip Ma’rifu Sururi. 2017. Fisika Peminatan dan Ilmu-Ilmu Alam. Klaten: PT Intan Pariwara.

Depdiknas. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan , Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Depdiknas.

Dudi Indrajit.2009. Mudah dan Aktif Belajar Fisika. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional..

Dwisetyaningrum, Yulia. 2017. Modul Fisika Part 1 Elastisitas dan Hukum Hooke. Diunduh di

https://www.academia.edu/39229111/Modul_Fisika_part_1_Elastisitas_dan_Hukum_Hooke pada tanggal 27 Mei 2020.

Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Husamah dkk. 2016. Belajar & Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Jaya, Sang Putu Sri. 2018. Elastisitas. Diunduh di https://fisikakontekstual.com/materi-elastisitas pada 28 Mei 2020.

Juaini, Moh. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Kontekstual Pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar. Kappa Journal Volume 3 Nomor 1. Selong: Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Hamzanwadi.

Kanginan, Marthen. 2013. Fisika Untuk SMA Kelas X . Jakarta: Erlangga.

Komalasari, Kokom (Ed). 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Majid, Abdul (Ed). 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudlofir, Ali. 2011. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global. Malang: UIN Maliki Press (Anggota IKAPI).

Munthe, Bermawy. 2011. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Prasetyo, Eko (Ed). 2015. Ternyata Penelitian Itu Mudah (Panduan Melaksanakan Penelitian Bidang Pendidikan). Lumajang: Penerbit eduNomi.

Prastowo, Andi (Ed). 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI).

Rahayu, Siti Dwi. 2017. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Concept Mapping Pada Materi Elastisitas di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Volume 6 Nomor 3. Jember: Universitas Jember.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sa’ud, Udin Syaefudin (Ed). 2017. Inovasi Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyanto (Ed). 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuna Pustaka bekerja sama dengan FKIP UNS Surakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Afabeta.

Sutarti, Tatik, Edi Irawan (Ed). 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Depublish.

Syafri, Fatrima Santri (Ed). 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Aljabar Elementer Di Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. Bengkulu: CV Zigie Utama.

Trianto (Ed). 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Ummah, Desita Solikhatul. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Disertai Concept Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018 Volume 3 Nomor 2. Jember: Universitas Jember.

Waspodo, Muktiono. 2012. Pembelajaran Berbasis Aneka Sumber. Diunduh di http://mwsinergi.blogspot.com/2012/04/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html?m=1, pada tanggal 30 September 2020.

Widoyoko, Eko Putro. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v5i2.4456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kappa Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________

KAPPA Journal
Program Studi Pendidikan Fisika
FMIPA, Universitas Hamzanwadi
Jln. TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid No. 132 Pancor Selong, Lombok Timur, NTB, 83611, Telp. (0376) 21394, 22953, Fax. (0376) 22953,
Email: [email protected],
Website: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj

Creative Commons License
Kappa Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View KAPPA Stats