Pengaruh Metode Group Investigation, Students Team Achievement Divisions dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Keruak TP. 2016/2017

Authors

  • Tsamarul Hizbi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v1i2.527

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Keruak semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode GI dan STAD, 2) Pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, 3) Untuk motivasi belajar tinggi; Hasil belajar siswa lebih tinggi dibelajarkan dengan metode GI dibandingkan STAD, 4) Untuk motivasi belajar rendah: Hasil belajar siswa lebih rendah dibelajarkan menggunakan metode GI dibandingkan STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain treatment by level 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X-MIPA yang berjumlah tiga kelas. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan didapat sampel yaitu kelas X-MIPA2 dan X-MIPA1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan angket. Test digunakan untuk memperoleh data hasil belajar dan angket digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar siswa. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan Lieliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartleth. Sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian peneliti menggunakan uji variansi (ANAVA) kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut ANAVA menggunakan runus uji-t. Hasil uji didapatkan; 1) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode GI dan STAD, 2) Ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, 3) Untuk motivasi belajar tinggi; Hasil belajar siswa lebih tinggi dibelajarkan dengan metode GI dibandingkan STAD, 4) Untuk motivasi belajar rendah: Hasil belajar siswa tidak lebih rendah dibelajarkan menggunakan metode GI dibandingkan STAD 

References

Agus Suprijono, 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Imas Kurniasih. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.

Nuryana. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Divisions dan Group Investigation Ditinjau dari Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas X SMAN 1 Jonggat. Jurnal Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram Vol 1 (1) 3-74 (diakses tanggal 11 Juni 2017).

Slavin, E. Robert. 2005. Cooperatif Learning Teori Riset dan Praktik. (Terjemahan oleh Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Sukardi Atmaja. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan TGT Ditinjau dari Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas VII SMPN 1 Labuhan Haji Pada Materi Kalor. STKIP Hamzanwadi Selong.

Downloads

Published

2017-01-09

Issue

Section

Articles