Implementasi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Lesson Study Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Study Pendidikan Fisika Semester VI
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v1i2.528Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui Lesson study pada mata kuliah matrik dan ruang vektor program studi pendidikan fisika semester VI dengan jumlah mahasiswa 40 orang. Kegiatan LS pendidikan fisika dilaksanakan selama 4 kali open class (siklus). Masing-masing open class terdiri atas 3 tahapan yakni tahap plan (perencanaan), tahap Do (pelaksanaan), dan tahap see (refleksi). Instrumen pengukuran berpikir kritis berupa rubrik penilaian berpikir kritis yang terdiri atas indikator: merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan deduksi (umum-khusus), melakukan induksi,melakukan evaluasi, dan memutuskan dan mengevaluasi. Hasil analisis instrumen kemampuan berpikir kritis mahasiswa menunjukkan aktivitas pembelajaran mengalami peningkatan. Hasil penelitian adalah pembelajaran kooperatif berbasis Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah matrik dan ruang vektor.References
Anita Lie (2008: 31-35)
BSNP (2006:4)
(de Bono dalam Ismayati, 2009).
(Ennis, 1991: 31-43).
https://areknerut.wordpress.com/2013/09/26/berpikir-kriti
Lewis (2002)
Marsetio Donosepoetr (1983: 5)
Model lewis (2002).
Trianto (2009)
Tim Lesson Study. 2007. Rambu-Rambu Pelaksanaan Lesson Study. Yogyakarta. FMIPAUNY.
Downloads
Published
2017-01-08
Issue
Section
Articles