Implementasi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Lesson Study Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Study Pendidikan Fisika Semester VI

Authors

  • far tina Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v1i2.528

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis  mahasiswa melalui Lesson study pada mata kuliah matrik dan ruang vektor program studi pendidikan fisika semester VI dengan jumlah mahasiswa 40 orang. Kegiatan LS pendidikan fisika dilaksanakan selama 4 kali open class (siklus). Masing-masing open class terdiri atas 3 tahapan yakni tahap plan (perencanaan), tahap Do (pelaksanaan), dan tahap see (refleksi). Instrumen pengukuran berpikir kritis berupa rubrik penilaian berpikir kritis yang terdiri atas indikator: merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan deduksi (umum-khusus), melakukan induksi,melakukan evaluasi, dan memutuskan dan mengevaluasi. Hasil analisis instrumen kemampuan berpikir kritis mahasiswa menunjukkan aktivitas pembelajaran mengalami  peningkatan. Hasil penelitian adalah pembelajaran kooperatif berbasis Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah matrik dan ruang vektor.

Author Biography

far tina, Universitas Hamzanwadi

Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Hamzanwadi

References

Anita Lie (2008: 31-35)

BSNP (2006:4)

(de Bono dalam Ismayati, 2009).

(Ennis, 1991: 31-43).

https://areknerut.wordpress.com/2013/09/26/berpikir-kriti

Lewis (2002)

Marsetio Donosepoetr (1983: 5)

Model lewis (2002).

Trianto (2009)

Tim Lesson Study. 2007. Rambu-Rambu Pelaksanaan Lesson Study. Yogyakarta. FMIPAUNY.

Published

2017-01-08

Issue

Section

Articles