Implementasi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Lesson Study Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Study Pendidikan Fisika Semester VI

far tina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis  mahasiswa melalui Lesson study pada mata kuliah matrik dan ruang vektor program studi pendidikan fisika semester VI dengan jumlah mahasiswa 40 orang. Kegiatan LS pendidikan fisika dilaksanakan selama 4 kali open class (siklus). Masing-masing open class terdiri atas 3 tahapan yakni tahap plan (perencanaan), tahap Do (pelaksanaan), dan tahap see (refleksi). Instrumen pengukuran berpikir kritis berupa rubrik penilaian berpikir kritis yang terdiri atas indikator: merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan deduksi (umum-khusus), melakukan induksi,melakukan evaluasi, dan memutuskan dan mengevaluasi. Hasil analisis instrumen kemampuan berpikir kritis mahasiswa menunjukkan aktivitas pembelajaran mengalami  peningkatan. Hasil penelitian adalah pembelajaran kooperatif berbasis Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah matrik dan ruang vektor.

References


Anita Lie (2008: 31-35)

BSNP (2006:4)

(de Bono dalam Ismayati, 2009).

(Ennis, 1991: 31-43).

https://areknerut.wordpress.com/2013/09/26/berpikir-kriti

Lewis (2002)

Marsetio Donosepoetr (1983: 5)

Model lewis (2002).

Trianto (2009)

Tim Lesson Study. 2007. Rambu-Rambu Pelaksanaan Lesson Study. Yogyakarta. FMIPAUNY.




DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v1i2.528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kappa Journal



_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________

KAPPA Journal
Program Studi Pendidikan Fisika
FMIPA, Universitas Hamzanwadi
Jln. TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid No. 132 Pancor Selong, Lombok Timur, NTB, 83611, Telp. (0376) 21394, 22953, Fax. (0376) 22953,
Email: [email protected],
Website: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj

Creative Commons License
Kappa Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats