Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021 Meningkatkan 5 Aspek Literasi Peserta Didik
Abstract
Keywords
References
Creswell, J. W. (2012) Educational Research: Palnning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Fourth Edition. 4th edn. Boston, USA: Pearson.
Dirjendikti Kemendikbud (2020) Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. doi: 10.31219/osf.io/ujmte.
Elya umi Hanik (2020) ‘Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah’, Elementary Islamic Teacher Journal, 8, pp. 183–208.
Gunawan, A. R. et al. (2021) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL berbantuan simulasi PhET Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi’, Kappa Journal, 5(2), pp. 9–16. Available at: https://mail.widyaparwa.com/index.php/widyaparwa/article/view/510.
Hake, R. R. (1999) ‘Analyzing Change/Gain Scores’, in Indiana University. Indiana: Indiana University, pp. 1–4. doi: 10.24036/ekj.v1.i1.a10.
Herwandi, O., Istyadji, M. and Yulinda, R. (2021) ‘Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains Bermuatan Kearifan Lokal Sistem Pondasi Rumah Lanting’, Jurnal Pahlawan, 17(02), pp. 101–110.
Hikmawati et al. (2021) ‘Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan ke-2 pada Tahun 2021 di SMPN 19 Mataram’, Kappa Journal, 5(2), pp. 277–288.
Hikmawati and Suastra, I. W. (2021) ‘Respon Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Berbasis Kearifan lokal Pada Mata Kuliah Kajian Fisika Sekolah Menengah’, Kappa Journal, 5(2), pp. 34–42.
Kemendikbud (2013) Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013 - SMP/MTs - Ilmu Pengetahuan Alam. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
KemendikbudRistek (2021) Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Available at: https://beasiswa.kemdikbud.go.id/assets/syarat/non_degree/dikti/panduan_program_km_angkatan.pdf.
Lamada, M., Rahman, E. S. and Herawati (2019) ‘Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar’, Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan, 6(1), pp. 35–42. Available at: https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/12000.
Leaning, M. (2019) ‘An approach to digital literacy through the integration of media and information literacy’, Media and Communication, 7(2 Critical Perspectives), pp. 4–13. doi: 10.17645/mac.v7i2.1931.
Likert, R. (1932) “Technique for the Measurement of Attitudes, A”, Archiver of Psychology. New York. doi: 10.4135/9781412961288.n454.
OECD (2019) PISA 2018 Results (Volume I). OECD (PISA). doi: 10.1787/5f07c754-en.
Parno et al. (2020) ‘A case study on comparison of high school students’ scientific literacy competencies domain in physics with different methods: PBL-stem education, PBL, and conventional learning’, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), pp. 159–168. doi: 10.15294/jpii.v9i2.23894.
Pendi, Y. O. (2020) ‘Merdeka Belajar yang Tercermin dalam Kompetensi Profesional Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 01 Sedayu’, Seminar Nasional Pendidikan, (19), pp. 291–299. Available at: http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7743.
Rahmatullah, M. I. (2019) ‘Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta’, Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), p. 56. doi: 10.31258/jope.1.2.56-65.
Rohman, A. H. et al. (2021) ‘Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis PBL Pada Materi Gerak Parabola Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik’, Kappa Journal, 5(2), pp. 231–239.
Setyaningsih, R. et al. (2019) ‘Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning’, Jurnal ASPIKOM, 3(6), p. 1200. doi: 10.24329/aspikom.v3i6.333.
Shofiyah, N., Wulandari, R. and Setiyawati, E. (2020) ‘Modul Dinamika Partikel Terintegrasi Permainan Tradisional Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains’, Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), p. 292. doi: 10.33394/jk.v6i2.2639.
Tobing, E. et al. (2022) Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.
Widiyono, A., Irfana, S. and Firdausa, K. (2021) ‘Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar’, Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 16(2), pp. 102–107. doi: 10.17509/md.v16i2.30125.
Wulandari, M. P. (2019) ‘Keefektifan Penggunaan Media Video Animasi IPA SD Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV’, … PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar …, 3(2), pp. 264–274.
Yamin, M. and Syahrir, S. (2020) ‘Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran)’, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), pp. 126–136. doi: 10.36312/jime.v6i1.1121.
DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v6i1.5745
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Kappa Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
KAPPA Journal
Program Studi Pendidikan Fisika
FMIPA, Universitas Hamzanwadi
Jln. TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid No. 132 Pancor Selong, Lombok Timur, NTB, 83611, Telp. (0376) 21394, 22953, Fax. (0376) 22953,
Email: kappajournal@hamzanwadi.ac.id,
Website: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj
Kappa Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.