Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika

Authors

  • Sri Jumini Pendidikan Fisika, FITK, Universitas Sains Al-Quran
  • Sita Dewi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an
  • Alifiyah Hidayatun Madrasah Aliyah Negeri 2 Wonosobo
  • Fatiatun Fatiatun Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an
  • Intan Masruroh Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an
  • Deni Aryati Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v6i2.6696

Keywords:

Interactive learning media, quizizz applications, learning motivation

Abstract

The purpose of the study was to increase students' motivation to learn physics by using interactive learning media based on the Quizizz game. Teachers in the 5.0 industrial revolution must be able to create fun and innovative learning by utilizing technological developments, without losing the essence and material that will be delivered by the teacher. This study uses a qualitative description method, which describes the implementation of interactive learning media using the Quizizz game to increase motivation to learn physics. The discussion focuses on the Physics quiz model in the Quizizz application and the results of the Quizizz game implementation. Based on the results of the study, it can be said that the application of the Quizizz game during learning increases students' learning motivation.

References

Agustina, L., Rusmana, I. M., (2019). Pembelajaran Matematika dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sosiomadika. Semarang: Indonesia.

Dewi, C. K., (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika kelas X. Phd Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Febrita, Yolanda & Ulfah, Maria., (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Nasional Pendidikan Matemtaika. Universitas Indraprasta PGRI.

Henry, S., (2010). Cerdas dengan Game. Handbook of industrial Drying. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Herlambang, A., (2016). Edmodo Untuk Meningkatkan Kualitas Perencanaan Proyek dan Evektifitas Pembelajaran di Lingkungan Pembelajaran yang Bersifat Asinkron. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JITIIK).

Lesmono, A. D., Supeno., dkk. (2021). Penerapan pendekatan keterampilan proses sains dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Jember.

Purba, L.S. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Pendidikan Dasar (JPD).

Nasrullah, E. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Edomodo pada Pembelajaran Matematika Ekonomi Terhadap Komunikasi Matematis. Pasundan Journal of Research on Mathematic Learning and Education (SYMMERTY).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles