Pengembangan Media Alat Ukur Percepatan Gravitasi Berbasis Arduino Nano untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Authors

  • Aris Doyan Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan MIPA Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Mataram
  • Deyan Syahirah Khairunnisa Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Mataram
  • Muhammad Zuhdi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan MIPA Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v6i2.6797

Keywords:

Berpikir kritis, media pembelajaran, percepatan gravitasi, Arduino.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa alat ukur gravitasi berbasis Arduino Nano yang layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik pada konsep gerak bebas. Latar belakang dari penelitian ini adalah keterbatasan dan kekurangan media pembelajaran yang menyebabkan kemampuan berpikir peserta didik rendah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluate atau ADDIE. Kelayakan media dilihat dari rata-rata skor pembelajaran validator menggunakan SBi (Standar Baku Ideal). Instrumen penelitian yang digunakan adalah validasi, respons peserta didik, dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian berdasarkan penilaian yang valid menunjukkan media pembelajaran berbasis Arduino Nano yang dihasilkan memiliki nilai yang tepat untuk aspek rata-rata 3,5 dengan kategori yang sangat valid dan respon peserta didik untuk menilai aspek sebesar 3,41 dengan kategori praktis, sehingga menunjukkan alat ukur percepatan gravitasi berbasis Arduino Nano layak digunakan dalam pembelajaran. hasil Berdasarkan uji N-Gain diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Oleh karena itu, dapat digunakan alat ukur gravitasi berbasis Arduino Nano dalam pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan para peserta didik.

Author Biographies

Aris Doyan, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan MIPA Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika
Jurusan MIPA
Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan
Universitas Mataram

Deyan Syahirah Khairunnisa, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika
Jurusan Pendidikan MIPA
Universitas Mataram

Muhammad Zuhdi, Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan MIPA Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika
Jurusan MIPA
Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan
Universitas Mataram

References

Asmawati, E. Y. S., Rosidin, U., & Abdurrahman. (2018). Efektivitas Instrumen Asesmen Model Creative Problem Solving pada Pembelajaran Fisika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika, VI, 128–143.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Remaja Rosdakarya.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Festiana, I. (2018). Perkembangan Eksperimen Fisika Ditinjau dari Filsafat Sains. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(1), 14–20. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i1.147

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. American Educational Reseach Assosiation, s Divisions D, Measurement and Reseach Methodology Journal, 1–4.

Hidayati, F., Sriyono, & Kurniawan, E. S. (2016). Diagnosis Kesalahan Siswa Kelas XI IPA dalam Menyelesaikan Soal Fisika Berdasarkan Literasi Sains di SMA Negeri 5 Purworejo. Jurnal Radiasi, 08(1), 18–21.

Jufri, A. W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Pustaka Reka Cipta.

Makhrus, M. (2018). Validitas Model Pembelajaran Conceptual Change Model With Cognitive Conflict Approach. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 62–66. https://doi.org/10.29303/jipp.Vol3.Iss1.55

Mardapi, D. (2015). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Penelitian. Nuha Litera.

Maryono. (2008). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika di SMA. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurjaman, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Desain Pembelajarann “Assure.” Adanu Abimata.

Pramudyawan, M. T. S., Doyan, A., & ’Ardhuha, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Kit Alat Percobaan Usaha dan Energi terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 40–44. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.290

Purba, P. B., Chamidah, D., & Anzelina, D. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Yayasan Kita Menulis.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Lembaga Akademic 7 Research Institute.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.

Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Anwar, Z. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Yayasan Barcode.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan Edisi Keempat (4 ed.). Kencana.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (16 ed.). Alfabeta.

Supardi, B., & Kartono, A. (2017). Explore Fisika Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X. Penerbit Duta.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika (Cetakan 2). Grasindo.

Susilawati, & Aryanto, D. (2013). Penerapan Alat Praktikum Viskometer terhadap Pencapaian Kinerja Mahasiswa Calon Guru Fisika. Seminar Nasional 2nd Lontar Physics Forum, 1–6.

Wicaksono, A., & Rifai, I. N. (2013). Pembuatan Alat Peraga Pendidikan Fisika Sub Materi Gerak Jatuh Bebas Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno. Seminar Nasional Teknologi Terapan.

Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Sains, 1–14.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles