Kelayakan LKS Berdasarkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Cahaya

Authors

  • Mardaya Mardaya Program Studi Tadris Fisika, Fakultas MIPA, IAIN Palangka Raya
  • Mai Ratih Kumalasari Program Studi Tadris Fisika, FTIK, IAIN Palangka Raya
  • Dina Marganingsih Program Studi Tadris Fisika, FTIK, IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v6i2.6967

Keywords:

LKS, Materi Cahaya, Keterampilan Proses Sains

Abstract

This research aims to determine how to develop and determine the eligibility of student worksheet based on science process skills in the subject aboutlight.This research was conducted using the Research and Development (R&D) method. This research is a development research using the 4D development model, which is limited to 3D, namely define, design, development. The student worksheets consist of six activities arranged based on indicators of basic science process skills. Data collection techniques in this study used expert validation data collection techniques. The result show that the average of total percentage by media expert assessment and material expert assessment is about 67.84%. In the other word, the illegibility indicated that the student worksheet as media is feasible.

Author Biography

Mardaya Mardaya, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas MIPA, IAIN Palangka Raya

Program Studi Tadris Fisika, Fakultas MIPA, IAIN Palangka Raya

References

DAFTAR PUSTAKA

Kruea-In,, C., Kruea-In, N., & Fakcharoenphol., W. (2015). A Study of Thai In-Service and

Pre-Service Science Teachers'Understanding of Science Process Skills. Procedia -

Social and Behavioral Sciences .

A, H., Ngadimin, Soewarno, Sabaruddin, & Susanna. (2018). Peningkatan Kemampuan

Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Fisika Untuk Mempersiapkan Sumber Daya

Manusia Dalam Menghadapi Persaingan Global Dalam Masyarakat Ekonomi Asean.

Journal of Physics: Conf. Series .

Algiranto, Sarwanto, & Marzuki, A. (2019). Pengembangan LKS berbasis Predict, Observe,

Explain (POE) untuk meningkatkan Keterampilan proses sains siswa di SMA

Muhammadiyah Imogiri. 9th International Conference on Physics and Its Aplikasi

(ICOPIA) IOP Conf. Seri: Jurnal Fisika: Conf. Seri 1153 (2019) 012148 .

Ardhiantari, W., Fadiawati, N., & Kadaritna, N. (2015). Lembar kerja pengembangan

berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Hukum Kimia. Jurnal Pendidikan

dan Pembelajaran Kimia , 4 (1), 312-323.

Arifullah, Halim, A., & Nurfadilla, E. (2020). Pengembangan LKS dengan PhET dibantu

untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. AICMSTE 2019 IOP Conf.

Seri: Jurnal Fisika: Conf. Seri 1460 (2020) 012144 .

AS, B., ES, K., & Sriyono. (2017). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKPD) aktivitas

berpikir berbasis IPA berbasis penilaian kerja praktek (sensitif) untuk meningkatkan

kemampuan berpikir kritis di Radiasi. Jurnal Mahasiswa , 101.

Astuti. Pengembangan Lembar Kerja Siswa. jurnal pendidikan sains indonesia , 2 (1).

Depdiknas. (2006). Pedoman Pengambangan Pembelajaran IPA Terpadu SMP/MTs. jakarta:

Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional.

E, B., & M, E. (2012). Journal of Baltic Science Education 11. 236-247.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia).

Hodosyová, M., Utla, J., V, P., & Lapitkova, V. (2015). Pengembangan Keterampilan Proses

Sains dalam Pendidikan Fisika. Pengembangan Keterampilan Proses Sains dalam

Pendidikan Fisika .

Jupriyanto. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Dasar , 5 (2).

Khaerudin. (2014). Media Pembelajaran. jakarta: Kemendiknas.

Khuzaini, N., & Santosa, R. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Sains Proses. Jurnal

Penelitian Pendidikan Matematika , 3 (1), 88-89.

Komariyah, N., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis Kebutuhan LKS Berbasis STEM

kelas XI Materi Fluida Dinamis. Kappa Journal Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Hamzanwadi , 5 (2), 289-297.

Kurniawati, D., Masykuri, M., & Saputro, S. (2016). PENERAPAN MODEL

PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DILENGKAPI LKS UNTUK

MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PRESTASI

BELAJAR PADA MATERI POKOK HUKUM DASAR KIMIA SISWA KELAS X

MIA 4 SMA N 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Jurnal

Pendidikan Kimia (JPK) , 5 (1), 88-95.

Madesa, E. (2015). Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Untuk Melatih Kemampuan

Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika , 4.

Mahyuna, M., Adlim, M., & Saminan., I. (2018). Pengembangan LKS terbimbing untuk

meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA pada konsep kalor. Konferensi

Internasional Riset Desain Asia Tenggara ke-6 (IC ke-6 SEA-DR IC) Penerbitan

IOP,Konferensi IOP. Seri: Jurnal Fisika: Conf. Seri 1088 .

Mutiaa, N. B., & Prasetyo, Z. K. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Berdasarkan

Representasi Berganda untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains.

International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) (2018)

Volume 41, No 1, pp 158-166 .

Nasution, D., Harahap, P. S., & Harahap, M. (2018). Pengembangan Instrumen Pembelajaran

Fisika Melalui Model Scientific Inquiry Berbasis Budaya Batak untuk Meningkatkan

Keterampilan Proses Sains dan Rasa Ingin Tahu Siswa. ICIESC-2017 IOP

Penerbitan IOP konf. Seri: Jurnal Fisika .

Ni Putu Sari, R. D. (2017). Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses NPS Ratna

D, "Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Pembelajaran. Jurnal

Pendidikan , VI (1), 1.

Nugraha, M., Utari, S., Saepuzaman, D., & Nugraha, F. (2018). Redesign LKS siswa pada

percobaan fisika dasar berdasarkan analisis keterampilan proses ilmiah siswa dalam

hukum Melde. Seminar Internasional 4 Matematika, Sains dan Komputer Pendidikan

Sains Penerbitan IOP Conf. Seri: Jurnal Fisika .

R, M. A. (2016). Pengembangan Proses LKM berbasis keterampilan. Journal of Islamic

Basic Education , 8 (1).

Rahmaibu, F. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran LKS Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar PKn. Jurnal Pendidikan Dasar , 7 (1), 1-10.

Ratna D, N. P. (2017). Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Pembelajaran.

Jurnal Pendidikan , 6 (1), 1.

Sulistiyono, E. (2014). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan

Perangkat Pembelajaran Sains. Journal of Pen Science , 1 (2).

Syahidi, K., Zahara, L., Ariandani, N., & Hastiarna, R. (2019). Pendekatan Scientific

Approach dalam Mengembangkan Alat Praktikum IPA Terintegrasi Lingkungan

untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas Guru IPA. Kappa Journal

Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Hamzanwadi , 3 (2), 148-155.

Syofian, S. (2015). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Earth Literacy.

Verawati, N. N., Prayogi, S., & Asy'ari, M. (2014). Reviu Literatur Tentang Keterampilan

Proses Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensa” , 2 (1), 194-198.

W, A., & Santosa. (2013). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing pada keterampilan

proses sains. Jurnal Pendidikan Biologi , 5 (1), 81-95.

Yunita, A, H., & R, S. (2019). Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Dengan Simulasi

Pendidikan Fisika dan Teknologi (PhET). Jurnal Pendidikan Sains Indonesia .

Yusrizal, & A, H. (2017). Pengaruh Tes Diagnostik Satu Tingkat, Dua Tingkat dan Tiga

Tingkat terhadap Keyakinan dan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep Nuklir

Atom. Jurnal Pendidikan Sains Unnes .

Yusuf, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran LKS Berbasis KPS. Jurnal

Pendidikan Sains dan Fisika , 111 (1).

Z, O., & N, B. (2019). Pengaruh metode inkuiri terbimbing pada keyakinan self-efficacy

pengajaran guru pra-jabatan. Journal of Turkish Science Education .

Zulfiani. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles