Kelayakan LKS Berdasarkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Cahaya
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v6i2.6967Keywords:
LKS, Materi Cahaya, Keterampilan Proses SainsAbstract
This research aims to determine how to develop and determine the eligibility of student worksheet based on science process skills in the subject aboutlight.This research was conducted using the Research and Development (R&D) method. This research is a development research using the 4D development model, which is limited to 3D, namely define, design, development. The student worksheets consist of six activities arranged based on indicators of basic science process skills. Data collection techniques in this study used expert validation data collection techniques. The result show that the average of total percentage by media expert assessment and material expert assessment is about 67.84%. In the other word, the illegibility indicated that the student worksheet as media is feasible.References
DAFTAR PUSTAKA
Kruea-In,, C., Kruea-In, N., & Fakcharoenphol., W. (2015). A Study of Thai In-Service and
Pre-Service Science Teachers'Understanding of Science Process Skills. Procedia -
Social and Behavioral Sciences .
A, H., Ngadimin, Soewarno, Sabaruddin, & Susanna. (2018). Peningkatan Kemampuan
Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Fisika Untuk Mempersiapkan Sumber Daya
Manusia Dalam Menghadapi Persaingan Global Dalam Masyarakat Ekonomi Asean.
Journal of Physics: Conf. Series .
Algiranto, Sarwanto, & Marzuki, A. (2019). Pengembangan LKS berbasis Predict, Observe,
Explain (POE) untuk meningkatkan Keterampilan proses sains siswa di SMA
Muhammadiyah Imogiri. 9th International Conference on Physics and Its Aplikasi
(ICOPIA) IOP Conf. Seri: Jurnal Fisika: Conf. Seri 1153 (2019) 012148 .
Ardhiantari, W., Fadiawati, N., & Kadaritna, N. (2015). Lembar kerja pengembangan
berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Hukum Kimia. Jurnal Pendidikan
dan Pembelajaran Kimia , 4 (1), 312-323.
Arifullah, Halim, A., & Nurfadilla, E. (2020). Pengembangan LKS dengan PhET dibantu
untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. AICMSTE 2019 IOP Conf.
Seri: Jurnal Fisika: Conf. Seri 1460 (2020) 012144 .
AS, B., ES, K., & Sriyono. (2017). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKPD) aktivitas
berpikir berbasis IPA berbasis penilaian kerja praktek (sensitif) untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis di Radiasi. Jurnal Mahasiswa , 101.
Astuti. Pengembangan Lembar Kerja Siswa. jurnal pendidikan sains indonesia , 2 (1).
Depdiknas. (2006). Pedoman Pengambangan Pembelajaran IPA Terpadu SMP/MTs. jakarta:
Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional.
E, B., & M, E. (2012). Journal of Baltic Science Education 11. 236-247.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia).
Hodosyová, M., Utla, J., V, P., & Lapitkova, V. (2015). Pengembangan Keterampilan Proses
Sains dalam Pendidikan Fisika. Pengembangan Keterampilan Proses Sains dalam
Pendidikan Fisika .
Jupriyanto. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Dasar , 5 (2).
Khaerudin. (2014). Media Pembelajaran. jakarta: Kemendiknas.
Khuzaini, N., & Santosa, R. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Sains Proses. Jurnal
Penelitian Pendidikan Matematika , 3 (1), 88-89.
Komariyah, N., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis Kebutuhan LKS Berbasis STEM
kelas XI Materi Fluida Dinamis. Kappa Journal Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Hamzanwadi , 5 (2), 289-297.
Kurniawati, D., Masykuri, M., & Saputro, S. (2016). PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DILENGKAPI LKS UNTUK
MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PRESTASI
BELAJAR PADA MATERI POKOK HUKUM DASAR KIMIA SISWA KELAS X
MIA 4 SMA N 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Jurnal
Pendidikan Kimia (JPK) , 5 (1), 88-95.
Madesa, E. (2015). Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Untuk Melatih Kemampuan
Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika , 4.
Mahyuna, M., Adlim, M., & Saminan., I. (2018). Pengembangan LKS terbimbing untuk
meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA pada konsep kalor. Konferensi
Internasional Riset Desain Asia Tenggara ke-6 (IC ke-6 SEA-DR IC) Penerbitan
IOP,Konferensi IOP. Seri: Jurnal Fisika: Conf. Seri 1088 .
Mutiaa, N. B., & Prasetyo, Z. K. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Berdasarkan
Representasi Berganda untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains.
International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) (2018)
Volume 41, No 1, pp 158-166 .
Nasution, D., Harahap, P. S., & Harahap, M. (2018). Pengembangan Instrumen Pembelajaran
Fisika Melalui Model Scientific Inquiry Berbasis Budaya Batak untuk Meningkatkan
Keterampilan Proses Sains dan Rasa Ingin Tahu Siswa. ICIESC-2017 IOP
Penerbitan IOP konf. Seri: Jurnal Fisika .
Ni Putu Sari, R. D. (2017). Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses NPS Ratna
D, "Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Pembelajaran. Jurnal
Pendidikan , VI (1), 1.
Nugraha, M., Utari, S., Saepuzaman, D., & Nugraha, F. (2018). Redesign LKS siswa pada
percobaan fisika dasar berdasarkan analisis keterampilan proses ilmiah siswa dalam
hukum Melde. Seminar Internasional 4 Matematika, Sains dan Komputer Pendidikan
Sains Penerbitan IOP Conf. Seri: Jurnal Fisika .
R, M. A. (2016). Pengembangan Proses LKM berbasis keterampilan. Journal of Islamic
Basic Education , 8 (1).
Rahmaibu, F. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran LKS Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar PKn. Jurnal Pendidikan Dasar , 7 (1), 1-10.
Ratna D, N. P. (2017). Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Pembelajaran.
Jurnal Pendidikan , 6 (1), 1.
Sulistiyono, E. (2014). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan
Perangkat Pembelajaran Sains. Journal of Pen Science , 1 (2).
Syahidi, K., Zahara, L., Ariandani, N., & Hastiarna, R. (2019). Pendekatan Scientific
Approach dalam Mengembangkan Alat Praktikum IPA Terintegrasi Lingkungan
untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas Guru IPA. Kappa Journal
Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Hamzanwadi , 3 (2), 148-155.
Syofian, S. (2015). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Earth Literacy.
Verawati, N. N., Prayogi, S., & Asy'ari, M. (2014). Reviu Literatur Tentang Keterampilan
Proses Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensa” , 2 (1), 194-198.
W, A., & Santosa. (2013). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing pada keterampilan
proses sains. Jurnal Pendidikan Biologi , 5 (1), 81-95.
Yunita, A, H., & R, S. (2019). Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Dengan Simulasi
Pendidikan Fisika dan Teknologi (PhET). Jurnal Pendidikan Sains Indonesia .
Yusrizal, & A, H. (2017). Pengaruh Tes Diagnostik Satu Tingkat, Dua Tingkat dan Tiga
Tingkat terhadap Keyakinan dan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep Nuklir
Atom. Jurnal Pendidikan Sains Unnes .
Yusuf, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran LKS Berbasis KPS. Jurnal
Pendidikan Sains dan Fisika , 111 (1).
Z, O., & N, B. (2019). Pengaruh metode inkuiri terbimbing pada keyakinan self-efficacy
pengajaran guru pra-jabatan. Journal of Turkish Science Education .
Zulfiani. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.