Meningkatkan Kemampuan Kerjasama dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Penerapan Model PBL

Authors

  • Laxmi Zahara Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Hamzanwadi
  • Sapiruddin Sapiruddin Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Hamzanwadi
  • Fartina Fartina Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Hamzanwadi
  • Khaerus Syahidi Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v6i2.7108

Keywords:

Model PBL, kemampuan kerjasama, kemampuan berpikir kritis berp

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meingkatkan kemampuan kerjasama dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui implementasi model PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif  melalui pola Lesson Study. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah lembar observasikemampuan kerjasama mahasiswa,  dan tes kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Prosedur dalam melaksanakan Lesson Study terdiri dari tiga langkah yaitu plan, do dan see. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Lokasi penelitia ini di Universitas Hamzanwaadi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Mata Kuliah Fisika Dasar. Hasil penelitian ini adalah kemampuan kerjasama mahasiswa meningkat sebesar 4.27% dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa mengalami peningkatan sebesar 7.33%.

Author Biography

Laxmi Zahara, Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Hamzanwadi

<a href="http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6122816&view=overview">SINTA Author Profile</a>

References

Aziz, A., Ahyan, S., & Fauzi, L. M. (2016). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Lesson Study. Jurnal Elemen, 2(1), 83. https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.179

Hamdalia Herzon, H., Budijanto, & Hari Utomo, D. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: TEori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 1–10.

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 107–114.

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352

Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 7. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082

Sriyanti, I., Almafie, M. R., Marlina, L., & Jauhari, J. (2021). The effect of Using Flipbook-Based E-modules on Student Learning Outcomes. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 3(2), 69–75. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i2.156

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.

Syahidi, K., Hizbi, T., Hidayanti, A., Ditinjau, B., Kemampuan, D., & Kritis, B. (2020). The Effect of PBL Model Based Local Wisdom Towards S tudent ’ s Learning Achievements on Critical Thinking Skills Pengaruh Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Prestasi. Kasuari : Physics Education Journal ( KPEJ ) Universitas Papua, 3(1), 61–68.

Wasonowati, R. R. T., Redjeki, T., & Ariani, S. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Hukum - Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 66–75.

Yunita, N., Zahara, L., & Syahidi, K. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Melalui Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kappa Journal, 4(2), 233–239. https://doi.org/10.29408/kpj.v4i2.2756

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles