Hasil belajar pada Siswa Sekolah Menengah di Palangka Raya Menggunakan Pendekatan Saintifik

Authors

  • Luvia Ranggi Nastiti Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v2i1.759

Keywords:

Hasil belajar, Problem-Based Learning (PBL), Project-Based Learning (PjBL)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan penerapan model pembelajaran PBL dan PjBL dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  siswa setelah menggunakan penerapan model pembelajaran PBL dan PjBL.

       Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode pre-experiment, dengan desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar (THB) kognitif dan lembar tes hasil belajar  (KMM.

            Hasil penelitian: 1) Hasil belajar siswa dengan menerapkan model PBL dan PjBL dapat dikatakan mengalami peningkatan; 2) hasil nilai N-Gain hasil belajar  siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training memperoleh nilai N-Gain rata-rata sebesar 0.45 dengan kategori sedang;

References

Afid Burhanuddin, Pengertian dan Unsur Pendidikan, ARTIKEL Penelitian h. 4-6

Hake, Richard R. “Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses,†Am. J. Phys. 66, 64–74 _1998_.

Hamruni, Strategi Pembelajaran ( Yogyakarta: Insan Madani, 2012), h. 6.

Kemendikbud, pendekatan dan strategi Pembelajaran (Jakarta: t.p., 2013 ), h. 1

Kemendikbud, Pendekatan, Jenis Dan Metode Penelitian Pendidikan (Jakarta: T.P. 2013), h.208.

Made wena, Strategi Pembelajaran Inivatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara, 2011, H. 60

Made Wena, 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang : Bumi Askara, h.52-53

permendikbud tahun 2014 no. 103

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo Bersada, h. 229, 232, 243

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006, h. 12

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2003, h. 309

Suharsimi Arikumto, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2003, h. 438.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian..., hal.178

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian…………………………, h.230.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian..., h.231-232

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar..., h.213

Sumarna Surapranata, Analisis Validitas Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004,h.144

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Pranada media, h. 92

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif, Jakarta : Kencana Prenada Media Group,2009,h.239

Winkel, W. S, Psikologi Pengajaran.. Jakarta: PT. Gramedia, 1996, h. 50

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011, h. 128

Downloads

Published

2018-06-29

Issue

Section

Articles