Hasil belajar pada Siswa Sekolah Menengah di Palangka Raya Menggunakan Pendekatan Saintifik
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v2i1.759Keywords:
Hasil belajar, Problem-Based Learning (PBL), Project-Based Learning (PjBL)Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan penerapan model pembelajaran PBL dan PjBL dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan penerapan model pembelajaran PBL dan PjBL.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode pre-experiment, dengan desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar (THB) kognitif dan lembar tes hasil belajar (KMM.
Hasil penelitian: 1) Hasil belajar siswa dengan menerapkan model PBL dan PjBL dapat dikatakan mengalami peningkatan; 2) hasil nilai N-Gain hasil belajar siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training memperoleh nilai N-Gain rata-rata sebesar 0.45 dengan kategori sedang;References
Afid Burhanuddin, Pengertian dan Unsur Pendidikan, ARTIKEL Penelitian h. 4-6
Hake, Richard R. “Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses,†Am. J. Phys. 66, 64–74 _1998_.
Hamruni, Strategi Pembelajaran ( Yogyakarta: Insan Madani, 2012), h. 6.
Kemendikbud, pendekatan dan strategi Pembelajaran (Jakarta: t.p., 2013 ), h. 1
Kemendikbud, Pendekatan, Jenis Dan Metode Penelitian Pendidikan (Jakarta: T.P. 2013), h.208.
Made wena, Strategi Pembelajaran Inivatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara, 2011, H. 60
Made Wena, 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang : Bumi Askara, h.52-53
permendikbud tahun 2014 no. 103
Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo Bersada, h. 229, 232, 243
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006, h. 12
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2003, h. 309
Suharsimi Arikumto, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2003, h. 438.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian..., hal.178
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian…………………………, h.230.
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian..., h.231-232
Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar..., h.213
Sumarna Surapranata, Analisis Validitas Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004,h.144
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Pranada media, h. 92
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif, Jakarta : Kencana Prenada Media Group,2009,h.239
Winkel, W. S, Psikologi Pengajaran.. Jakarta: PT. Gramedia, 1996, h. 50
Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011, h. 128