Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Power Point Pada Pembelajaran Fisika

Authors

  • Badrul Wajdi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v2i1.762

Keywords:

Problem Based Learning, Power Point, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media power point terhadap hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muallimat NW Pancor. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII-C seagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode tes berupa pilihan ganda dan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t satu pihak. Hasil hipotesis menunjukan bahwa thitung>ttabel yaitu (1,78>1,675) yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat simpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media Power Point terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII MTs Muallimat NW Pancor

References

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Nana Sudjana. (2006). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2018-06-29

Issue

Section

Articles