Pengaruh Model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Berbantuan Media Konkret Terhadap Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Sains

Authors

  • Muhammad Sururuddin Prodi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Ganesha
  • Ida Bagus Putu Arnyana Prodi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Ganesha
  • I Wayan Suastra Prodi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v6i2.7641

Keywords:

Model AIR, Media Konkret, Aktivitas Belajar, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Auditory Intellectualy Repetition (AIR) berbantuan media konkret terhadap aktivitas dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 1 Kelayu Kecamatan Selong tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa keas V di Sekolah Dasar Negeri 1 Kelayu Kecamatan Selong tahun pelajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan one sample t-test. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa 63,95 dan menunjukkan kategori tinggi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Auditory Intelletualy Repetition berantuan media konkret terhadap aktivitas belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 1 Kelayu Kecamatan Selong Tahun Pelajaran 2021/2022.  Kemudian hasil hipotesis kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2,396 (thitung) ≥ 2,101 (t tabel) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Auditory Intelletualy Repetition berbantuan media konkret terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 1 Kelayu Kecamatan Selong Tahun Pelajaran 2021/2022.

References

Abdurrahman, M., (2018), Anak Berkesulitan Belajar, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: kencana premadamedia group

Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2).

Darling, Linda., H. (2006). Constructing 21st century teacher education. Journal of teacher education, 57. 300-314.

Depdiknas (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA untuk siswa Indonesia. Janacitta, 1(01).

Howe, Ann C. & Jones, Linda. (1993). Engaging children in science. New York: Macmillan Publishing Company.

Jacobson, W. J. & Bergman, A. B. (1991). Science for children: A book for teacher . Third edition. Needham Heights: Allyn and Bacon.

Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195–211.

Ridwan. 2012. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta

Sardiman. 2016. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2020). Problem-Solving Method: The Effectiveness of The Pre-service Elementary Education Teacher Activeness in The Concept of Physics Content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074–1083.

Shoimi, Aris. 2018. 68 Model Pembelajaran Inovatif Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2014. Metode Peelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Usman Samatowa. (2006). Bagaimana membelajarkan IPA di sekolah dasar. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikti.

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad (Vol. 21, No. 10).

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles