Pengembangan Video Interaktif Model Brain Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Hukum Newton

Authors

  • Novita Wulandari Universitas Negeri Yogyakarta
  • Tsania Nur Diyana Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v7i1.7677

Keywords:

Pembelajaran berbasis otak, kearifan lokal, hukum newton, motivasi belajar

Abstract

Motivasi belajar dapat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran fisika. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan sesuai dengan perkembangan masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video interaktif dengan model brain based learning yang memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran fisika. Pengembangan video interaktif dalam penelitian ini dikhususkan untuk materi Hukum Newton dengan mengintegrasikan kearifan lokal berupa permainan nekeran. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu Research and Development dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan uji kelayakan yang dilakukan oleh dua validator ahli. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini dihitung menggunakan rata-rata skor hasil validasi dan dikategorikan berdasarkan acuan kriteria kelayakan skala empat. Hasil kelayakan secara keseluruhan menunjukkan rata-rata skor 3,5 dan hasil rata-rata reliabilitas 87%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa video interaktif dengan model brain based learning terintegrasi kearifan lokal termasuk layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika dalam meningkatkan motivasi belajar.

References

Hafizah, S. (2020). Penggunaan dan pengembangan video dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225-240.

Hijriani, H., & Hatibe, H. A. (2021). Analisis kesulitan belajar dalam memecahkan masalah fisika pada materi hukum newton tentang gerak. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 9(1), 45-49.

Kasturi, L. I., Istiningsih, S., & Tahir, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V SDN 2 Batujai. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 116-122.

Kurniawan, A., Ashari, A., & Maftukhin, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Lectora Inspire untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 10(1), 35-40.

Nabillah, S. F. Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Brain Based Learning (BBL). (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Purnamasari, N. L. (2019). Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23-30.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rismark, M., & Solvberg, A. M. (2019). Video as a Learner Scaffolding Tool. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(1), 62-75.

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 17-32.

Sonia, S., & Medriati, R. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Tebing Tinggi pada Pembelajaran Fisika selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 85-98.

Trianto. (2013). Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Yolanda, R. Syuhendri, dan N. Andriani. (2016). “Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri Se-kecamatan Ilir Barat 1 Palembang Pada Materi Suhu Dan Kalor Dengan Instrumen TTCI Dan CRI”. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika.Vol.3, No.1, hal 1-13.

Downloads

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles