Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Alat Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Baiq Dara Silviana Prodi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Syahrial Ayub Prodi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Wahyudi Wahyudi Prodi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v7i1.8660

Keywords:

Guided Inquiry Model, Laboratory Equipment, Learning Outcomes

Abstract

The purpose of this research is to find out whether there is an influence of the guided inquiry learning model using laboratory tools on student learning outcomes.  This type of research uses an experimental type with a pretest-posttest control group design.  The sampling technique used the Cluster Random Sampling method and obtained class XI MIPA 2 with 29 students as the experimental class, and class XI MIPA 3 with 27 students as the control class.  The experimental class was given a learning treatment using a guided inquiry model using laboratory equipment, while the control class used conventional learning.  The instrument used to measure student learning outcomes is an objective test in the form of multiple choice of 25 questions.  The learning outcomes test instrument used has been tested for validity, reliability test, level of difficulty test, and differential power test.  The data analysis technique was carried out by polled variance t-test.  The results of the t-test pre-test and post-test values are (t-count) greater than (t-tables) at a significant level of 5% categorized ( ) rejected and ( ) accepted.  So it can be concluded that there is an influence of the guided inquiry learning model using laboratory tools on student learning outcomes.

References

Abdullah, R. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Anam, K. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Astuti, R. 2020. Manajemen Laboratorium yang Cerdas, Cermat, dan Selamat. Sukabumi: CV Jejak, anggota IKAPI.

Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP UNRAM.

Juanti. 2022. Arsip Guru Mata Pelajaran Fisika. SMAN 1 Gerung.

Juhji. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pengembangan IPA JPPI. 2(1): 58-70 e-ISSN 2577-2038.

Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan.

Kholifudin, M. Y. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVI HFI Jateng & DIY, Purworejo 14 April 2012. ISSN: 0853-0823.

Marheni, N.P., Muderawan I.W., & Tika I.N. 2014. Studi Komparasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Sains Smp. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Simbolon, D. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 21 No.3.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahidi, K., Zahara, L., & Ariandani, N. (2019). Pendekatan Scientific Approach dalam Mengembangkan Alat Praktikum IPA Terintegrasi Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas Guru IPA. Kappa Journal, 3(2), 148–155. https://doi.org/10.29408/kpj.v3i2.1638

Wijayatni, P. I., Mosik, dan Hindarto, N. 2010. Eksplorasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Cahaya dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 6: 1-5.

Yeritia, S., Wahyudi & Rahayu, S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2), 181-187.

Yulian, P. M., Suratno dan Aisyah, I. N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Menggunakan Metode Eksperimen terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso. Jurnal Pancaran. Vol. 4(2):163-172.

Downloads

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles