Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Berpikir Kritis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Fisika

Tarpin Juandi, Nurul Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar siswa. 2) Pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar siswa dan 3) Interaksi antara metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi semua siswa kelas X MA Muallimin NW Gunung Rajak. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan tes. angkeat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa sedangkan tes digunakan untuk mengukur prestasi kognitif siswa. Analisis data menggunakan uji anava dua jalan sel sama dengan desain faktorial 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar siswa, 2) Ada pengaruh berpikir kritis tinggi siswa dan berpikir kritis rendah siswa terhadap prestasi belajar siswa, 3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa.

References


Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Bandung. Erlangga

Sugiyono. 2011. Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta

Trianto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka




DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v1i2.530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kappa Journal



_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________

KAPPA Journal
Program Studi Pendidikan Fisika
FMIPA, Universitas Hamzanwadi
Jln. TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid No. 132 Pancor Selong, Lombok Timur, NTB, 83611, Telp. (0376) 21394, 22953, Fax. (0376) 22953,
Email: kappajournal@hamzanwadi.ac.id,
Website: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj

Creative Commons License
Kappa Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View KAPPA Stats