Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Berpikir Kritis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Fisika

Authors

  • Tarpin Juandi STKIP Hamzanwadi Selong
  • Nurul Hidayati Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v1i2.530

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar siswa. 2) Pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar siswa dan 3) Interaksi antara metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi semua siswa kelas X MA Muallimin NW Gunung Rajak. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan tes. angkeat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa sedangkan tes digunakan untuk mengukur prestasi kognitif siswa. Analisis data menggunakan uji anava dua jalan sel sama dengan desain faktorial 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar siswa, 2) Ada pengaruh berpikir kritis tinggi siswa dan berpikir kritis rendah siswa terhadap prestasi belajar siswa, 3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa.

References

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Bandung. Erlangga

Sugiyono. 2011. Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta

Trianto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Published

2017-12-10

Issue

Section

Articles