Pengaruh Media Gambar Elektronik Ditinjau Dari Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.29408/kpj.v1i2.593Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh penerapan media gambar elektronik terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan Tekanan 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan Tekanan, 3) Interaksi penggunaan media gambar elektronik dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan Tekanan. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Suralaga Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 1 Suralaga Tahun Pelajaran 2014/2015 sejumlah empat kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data untuk prestasi belajar menggunakan tes dan untuk data motivasi belajar siswa menggunakan angket. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji anava dua jalan sel tak sama dengan desain faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh penerapan media gambar elektronik terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan Tekanan (Fhitung=8,13 > Ftabel=3,996); 2) Tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan Tekanan, (Fhitung=0,88 > Ftabel=3,996); 3) Tidak ada Interaksi penggunaan media gambar elektronik dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar (Fhitung=0,05> Ftabel=3,996). Uji lanjut dengan uji scheff hipotesis pertama didapatkan bahwa Fhitung=7,14 > Ftabel=4,000 dengan kesimpulan bahwa prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan media gambar elektronik lebih baik dibandingkan dengan media konvensionalReferences
Prawiradilaga, Dewi Salma., Evelina Siregar. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Depok: Rajawali Pers
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineke Cipta
Downloads
Published
2017-12-10
Issue
Section
Articles