Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Peningkatan Kemampuan Lompat Jauh Tanpa Awalan Pada Siswa Kelas 5

Authors

  • Muhammad Hijir Ismail Universitas Hamzanwadi
  • Lalu Erpan Suryadi Universitas Hamzanwadi
  • Rina Nopiana Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v1i2.1094

Keywords:

Permainan Tradisional Engklek, Lompat Jauh Tanpa Awalan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh permainan tradisional Engkelek terhadap peningkatan kemampuan lompat jauh tanpa awalan pada siswa kelas 5 SDN 1 Bungtiang Tahun 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Desigen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lompat jauh. kemudian dianalisis menggunanakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar (4,553 > 1,729) yang berarti Ho di tolak dan Ha di terima sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh Permainan Tradisional Engkelek terhadap Peningkatan Kemampuan Lompat Jauh tanpa Awalan pada Siswa Kelas 5 SDN 1 Bungtiang Tahun 2017/2018.

 

DOI: 10.29408/porkes.v1i2.1094

References

Fad, Aisyah. (2014). Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia: Cerdas Interaktif.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukandarrumidi. (2012). Metodologi penelitian. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.

Published

2018-12-30

How to Cite

Ismail, M. H., Suryadi, L. E., & Nopiana, R. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Peningkatan Kemampuan Lompat Jauh Tanpa Awalan Pada Siswa Kelas 5. Jurnal Porkes, 1(2), 44–47. https://doi.org/10.29408/porkes.v1i2.1094

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.