Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Hasil Menendang Bola Dalam Permainan Sepak Bola
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v2i1.1449Keywords:
Gaya Mengajar Resiprokal, Hasil menendang bola.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar resiprokal terhadap hasil menendang bola dalam permainan sepak bola pada siswa putra kelas VII SMPN 1 Gerung Lombok Barat. Penelitian ini mengguanakan metode eksperimen dengan bentuk pre eksperimental design yaitu One grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VII SMPN 1 Gerung Lombok Barat yang berjumlah 101 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VII SMPN 1 Gerung Lombok Barat yang berjumlah 31 orang yang diambil dengan teknik porposional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes perbuatan untuk mengetahui hasil menendang bola dalam permainan sepak bola. Analisis data dengan menggunakan uji t yaitu dengan rumus t test dan diperoleh thitung > ttabel. (5,648 >2042). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh gaya mengajar resiprokal terhadap hasil menendang bola dalam permainan sepak bola pada siswa putra kelas VII SMPN 1 Gerung Lombok Barat.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktek. Jakarta: Wineka Cipta.
Mielke Danny. 2007. Dasar – Dasar Sepak Bola, Bandung: Pakar Raya.
Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Bandung: Yudhistira.
Nurhasan 2001. Tes Pengukuran Dalam Pendidikan jasmani, Prinsip-prinsip dan Penerapannya, jakarta : Depdiknas.
Riyanto,Yatim. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: SIC.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License