Modifikasi Permainan Tradisional Presean Tingkat Sekolah Dasar (SD)
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v2i1.1468Keywords:
Modifikasi, Permainan tradisional preseanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modifikasi permainan tradisional peresean tingkat sekolah dasar yang baik, efektif dan menyenangkan yang dapat digunakan oleh guru pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (education research and development (R & D) meliputi sebagai berikut: (1) pengembangan produk; (2) pengumpulan informasi; (3) desain produk (draf model); (4) validasi ahli dan revisi; (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi; (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi; (7) pembuatan produk final, revisi uji coba skala kecil pada 10 siswa Sekolah Dasar Islam NW Tanah Abror; (8) uji coba produk skala besar pada 20 siswa Sekolah Dasar Islam NW Tanah Abror; (9) revisi produk dan, . Instrumen yaitu: (1) Lembar wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa modifikasi permainan tradisional peresean. Hasil menunjukkan bahwa modifikasi permainan olahraga tradisional peresean untuk sekolah dasar di Sekolah Dasar Islam NW Tanah Abror direspon baik dan efektif. Hal ini dibuktikan persentase, nilai rata-rata pada kuesioner ahli adalah 66% pada uji coba sekala kecil, 73% pada skala besar dan respon peserta didik positif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
References
Anonim. Buku Peresean Final. Diunduh di Https://www.scribd.com. Diakses 20 Februari 2016.
Anonim. Pratamatkdschool.Blogspot.com. Diakses 05 Mei 2017
Anwar. 2005. Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar sebagai Wahana Kompensasi Gerak Anak. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 3, Nomor 1, 2005.Hal 47–48.
Haerani. Nur.2013. Membangun Karekter Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pend
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License