Upaya Meningkatkan Kompetensi Ketrampilan Gerak Dasar Lokomotor Lari Melalui Permainan Sederhana
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v2i2.1748Keywords:
Keterampilan, Gerak Dasar Lokomotor, Permainan SederhanaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan gerak dasar lokomotor lari dengan berbagai variasi gerak lari dengan menggunakan berbagai jenis permainan sederhana.Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklusnya. Sedang untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini, peneliti menggunakan latihan-latihan yang diberikan kepada siswa dalam kelompok besar dan kelompok kecil. Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Lego Kulon Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi tahun ajaran 2019/2020, jumlah 20 siswa dengan jumlah siswa 12 siswa putri dan 8 siswa putra. Metode Penelitian Kelas ini diawali dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan pelaksanaan tindakan, dan lakukan refleksi, dan teruskan perbaikan atau peningkatan yang diharapkan dapat diperoleh. Hasil penelitian pada nilai sikap Kompetensi Inti I (Sikap Spiritual) untuk 20 siswa, pada siklus I = 65% atau 13 siswa, dan pada siklus belajar II = 85% atau 17 siswa, dan dapat disingkirkan naik 20% atau 4 siswa. Pada nilai kompetensi Kompetensi Inti II (Sikap Sosial), pada siklus I = 60% atau 12 siswa, dan pada siklus belajar II = 85% atau 17 siswa, dan dapat disimpulkan pembelajaran naik 20% atau 5 siswa. Pada nilai kompetensi Kompetensi Inti (Aspek Pengetahuan) untuk 20 siswa, pada siklus I = 60% atau 12 siswa, dan pada siklus belajar II = 80% atau 16 siswa, dan dapat disimpulkan naik 20% atau 4 siswa.Pada nilai kompetensi Kompetensi Inti IV (Aspek Ketrampilan) untuk 20 siswa, pada siklus I = 65% atau 13 siswa, dan pada siklus belajar II = 85% atau 17 siswa, dan dapat disingkirkan naik 20% atau 4 siswa.
References
Achper. (2009). “Fundamental Motor Skill: An Activities Resource for Classroom Teacherâ€. Melbourne Vic.3001 Australia: Department of Education. Physical andbSport Education. Section.achvic@netwide.com.au
Departement of Education. (2013). “Fundamental Movement Skills: Learning, Teaching and Assessment Preparing Children for An Active and Healthy Lifestyleâ€. Western Australia: Book 1 & Book 2.
Djumidar, 2006, “Dasar-Dasar Atletik“, Jakarta, Universitas Terbuka.
Irene. (2014). Buku Siswa Kelas II Tema 3 “Tugasku Sehari-hariâ€.Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muhammad G. (2014) “Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI†Kelas IV, ISBN 978-602-282-002-4. Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Indahnya Kebersamaan: buku guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013. viii, 152 hlm. : ilus. ; 29,7 cm
“Pedoman Penulisan Skripsiâ€. (2012). Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Ria Lumintuarso. (2011). “Peralatan Olahraga Anak POAâ€. Jogjakarta
Robbin (2000). “Manajemen Sumber Daya Manusia “. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sarwono, (2014). “Implementasi Kurikulum 2013 pada Penjasorkes†Solo. Universitas Sebelas Maret.
Sugihartono, dkk. 2007. “Psikologi Pendidikanâ€. Yogyakarta: UNY Presss
Sumarya, (2010). “Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan“ untuk SD/MI Kelas IV, Bekasi Jawa Barat, Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional, CV, Elektro Matra Mandiri.
Suryanto B. (2006). “Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatanâ€, Kelas V. Jakarta, CV. Widya Utama
Syamsudin A (1992). “Atletik “.Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Tim Abdi Guru, (2007). “Penjas Orkes“ untuk SD kelas IV. Jakarta, Penerbit Erlangga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License