Pengguna Model Pembelajaran Teman Sebaya (Peer Teaching) Dalam Teknik Dribble Pemainan Bola Basket
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v2i2.1883Keywords:
Peer Teaching, Dribble Bola BaskeAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran teman sebaya (peer teaching) dalam teknik dribble permainan bola basket pada siswa kelas XI SMAN 1 Telagasari dan untuk mengetahui hasil penggunaan model pembelajaran teman sebaya (peer teaching) dalam teknik dribble permainan bola basket pada siswa kelas XI SMAN 1 Telagasari. Penelitian ini mnggunakan metode pembelajaran bersama teman sebaya, metode tersebut berfungsi untuk meningkatkan motivasi, minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif., dimana sampel dalam penelitian ini adalah diambil 3 orang siswa kelas XI dan 2 orang guru dengan teknik wawancara sebanyak 5 orang. Variabel pada penelitian ini terdiri dari 2 (dua) variabel yaitu model pembelajaran teman sebaya (peer teaching) (X1) dan variable teknik dribble bola basket (X2). Berdasarkan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah terjadinya proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan nilai tes yang diberikan oleh guru setiap selesai memberikan materi pelajaran pada satu pokok bahasan.
References
Amber, Vic. (2008). Petunjuk untuk Pelatih dan Pemain Bola Basket. Bandung. Penerbit Pionir Jaya
A.R. Syamsuddin & Vismaia Damaianti.(2009). Metode Penelitian Pendidikan
Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto,Surharsimi.(2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan. (2013). Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta. PT Rineka Cipta.
Dinata, Marta. (2008). Konsep & Teknik Bermain Bola Basket, Jakarta: Penerbit Cerdas Jaya
FIBA Rules. 2018. Official Basketball Rules Terjemahan. Jakarta: PP.Perbasi.
FIBA Rules. 2005. Mini-Basketball Rules. Switzerland: FIBA
Kementerian Pendidikan Nasional. 2006. Standar Isi Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kementerian Pendidikan Nasional.
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
N.K, Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Rosdiani, Dini. (2013). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani
Dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Sucipto, dkk. (2010). Permainan Bola Basket. Bandung. FPOK Bandung.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License