Hubungan Kepemimpinan dan Kemampuan Melaksanakan Proses Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v2i2.1885Keywords:
Kepemimpinan, Kemampuan Mengajar dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap kepemimpinan dan kemampuan melaksanakan proses belajar mengajar guru pendidikan jasmani dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa SMK Negeri 1 Karawang. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Koefisien determinasi kepemimpinan dalam hasil belajar pendidikan jasmani (r2y1) = 0,245, berarti hasil belajar pendidikan jasmani ditentukan oleh kepemimpinan guru pendidikan jasmani (X1). Koefisien determinasi kompetensi melaksanakan proses belajar mengajar dalam hasil belajar pendidikan jasmani (r2y2) = 0,860,berarti hasil belajar pendidikan jasmani ditentukan oleh kompetensi melaksanakan proses belajar mengajar guru pendidikan jasmani (X2). Kekuatan hubungan antara ketiga variabel tersebut dinyatakan oleh ry1-2 = 0,996. Uji keberartian koefisien korelasi di atas terlihat bahwa t hitung = 49,60 lebih besar dari t tabel = 1,658 berarti koefisien korelasi ry1-2 = 0,996, hal ini berarti hasil belajar pendidikan jasmani ditentukan oleh kepemimpinan dan kompetensi melaksanakan proses belajar mengajar guru pendidikan jasmani.
References
Eris, Sandhi Widyasto. 2018. Hubungan Persepsi Siswa terhadap Kemampuan Mengajar Guru Penjas dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Atletik di SMP Negeri 1 Ngaglik. Yogyakarta: FIK UNY.
Rivai, Veithzal. 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Subroto, Toto. 1999, Pemantapan Kemampuan Mengajar, Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sudjana, Nana. 2004, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License