Peningkatan Hasil Belajar Forehand Drive dan Backhand Drive Tenis Meja Melalui Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual

Authors

  • Nurhidayat Nurhidayat Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Vera Septi Sistiasih Pendidikan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v2i2.1887

Keywords:

Media Pembelajaran Audio Visual, Hasil Belajar Forehand Drive dan Backhand Drive Tenis Meja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar forehand drive dan backhand drive tenis meja pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kartasura, dengan penerapan media bantu pembelajaran audio visual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, dan dokumentasi atau arsip. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif komparatif yaitu membandingkan data kuantitatif dari prasiklus, siklus I dan siklus II dengan prosentase. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan terjadi pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil tes unjuk kerja prasiklus, dari jumlah siswa sebanyak 32 siswa yang tuntas berjumlah 7 siswa (21.88%) dan yang belum tuntas 25 siswa (78.13%). Meningkat pada siklus I menjadi 25 siswa tuntas (78.13%) dan 7 siswa belum tuntas (21.88%). Hingga akhirnya pada siklus II 31 siswa tuntas (96,88%) dan 1 siswa belum tuntas (3.13%). Hasil belajar forehand drive dan backhand drive tenis meja telah mencapai target yang ingin dicapai  pada siklus II bahkan melebihi target meskipun belum semua siswa dapat lulus dalam materi forehand drive dan backhand drive tenis meja. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan media bantu pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar forehand drive dan backhand drive tenis meja siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Kartasura.

 

DOI: 10.29408/porkes.v2i2.1887

References

Agus Kristiyanto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani & Kepelatihan Olahraga. Surakarta : UNS Press

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Petter Simpson,. 1984. Teknik Bermain Pingpong. Bandung : PT. Pioner Jaya

Sri Anitah, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka

Sumatri, M dan Permana, J. 2001.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : CV. Maulana

Published

2019-12-31

How to Cite

Nurhidayat, N., & Sistiasih, V. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Forehand Drive dan Backhand Drive Tenis Meja Melalui Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual. Jurnal Porkes, 2(2), 58–63. https://doi.org/10.29408/porkes.v2i2.1887

Issue

Section

Articles