Pengaruh permainan kecil terhadap peningkatan kebugaran jasmani

Authors

  • Abdul Zalil Ashidqy Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rahmat Iqbal Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Siswanto Siswanto Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v6i2.21224

Keywords:

Physical fitness, influence, physical education, little game

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of small games on increasing physical fitness which is expected to attract students to take part in physical education and health lessons so that their physical fitness increases. The approach in this study is a quantitative approach using the experimental method. The population used was class XI TKR 2 SMK Iptek Sanggabuana Pangkalan, totaling 38 people. The sampling technique uses total random. The research instrument used the Indonesian Physical Freshness Test (TKJI). Data analysis technique using pretest posttest design. The results showed that the pretest mean was 14.13 and the posttest mean was 16.61. The results of the paired sample t test analysis with the data obtained a significance value (2-tailed) = 0.000 which is less than the significance level (α) = 0.05, then H0 is rejected and Hl is accepted. So it can be concluded that the conclusion of small games has an effect on increasing physical fitness in class XI SMK Iptek Sanggabuana.

References

Aguss, R. M. (2020). Pengembangan Model Permainan Sepatu Batok untuk Pembelajaran Sepak Bola Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SiswaSekolah Dasar. Jurnal Sport-Mu, 1(1), 43–53. https://doi.org/10.32528/sport-mu.v1i01.3052

Aldiansyah, R., & others. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII SMP Negeri 51 Palembang. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 3(1), 73–81. https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3738

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (pp. 22--23). PT. Rineka Cipta.

Ashidqy, A. Z., Gani, R. A., Achmad, I. Z., Syafei, M. M., Purbangkara, T., & Resita, C. (2023). Faktor-Faktor Penghambat Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran Senam Lantai. Jurnal Penjakora Fakultas Olahraga dan Kesehatan, 10(1), 10–21. https://doi.org/10.23887/penjakora.v10i1.56287

Bile, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan Tradisional sebagai Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Penjakora, 8(1), 71–80. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752

Depdiknas. (2010). TKJI Tes Kebugaran Jasmani Indonesia, Untuk Anak Umur 6-9 Tahun, 13- 15 Tahun, 16-19 Tahun. Depdiknas.

Empedu, R. L., Tapo, Y. B. O., & Desi, A. K. (2021). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Penjakora, 8(1), 71–80. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.30752

Fadillah, M. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Gunarsa, S. D., & Wibowo, S. (2021). Hubungan Kualitas Tidur dengan Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK), 9(1), 43–52. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/37777

Gustiawati, R. (2017). Penerapan Materi Model Pembelajaran Permainan Kecil di dalam Pemanasan Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa Kelas VI SDN Mekarsari 05 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Jurnal Motion, 8(1), 50–58. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/motion/article/view/453

Gustiawati, R., & Julianti, R. R. (2018). Pengaruh Model Pendidikan Gerak (Movement Education) Terhadap Hasil Penilaian Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Speed (Sport, Physical 2(2), 44–51. https://journal.unsika.ac.id/index.php/speed/article/view/1731

Hasnidar, H., & Elihami, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar PKN Murid Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 42–47. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/issue/view/23

Hidayati, N. (2021). Nilai-Nilai dalam Permainan Tradisional Banjar “Ba-u-upauan” sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 171–184. https://doi.org/10.19105/ejpis.v3i2.5202

Kurnia, D., & Septiana, R. A. (2020). Implementasi Permainan Kecil Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamani. Physical Activity Journal, 2(1), 90–99. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.3302

Maswar, M. (2017). Analisis Statistik Deskriptif Nilai Uas Ekonomitrika Mahasiswa dengan Program SPSS 23 & EVIEWS 8.1. Jurnal JPII, 1(2), 273–292. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.54

Mustafa, P. S. (2021). Problematika Rancangan Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum 2013 pada Kelas XI SMA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 184–195. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.947

Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Jartika, 3(2), 422–438. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/371

Ningsih, Y. R. Al. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Bola Bekel terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 69–76. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/11570

Ningsih, S. A. D. C. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Risiko Keuangan, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Manajemen Laba. JASa (Jurnal Akuntansi, Audit dan Sistem Informasi Akuntansi), 3(3), 380–388. http://journalfeb.unla.ac.id/index.php/jasa/article/view/1272

Nova, P., Gani, R. A., Julianti, R. R., Universitas, M., Karawang, S., Universitas, D., & Karawang, S. (2021). Tingkat Kecemasan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Telagasari dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menghadapi Pertemuan Tatap Muka di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 7(5), 292–300. https://doi.org/10.5281

/zenodo.5541025

Nurlaili, N. (2018). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 229–241. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518

Nurmayani, N. (2014). Bermain dan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(77), 1–9. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/3420

Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Jpok, 9(1), 511–519. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/38199

Rosanti, F., & Harahap, A. (2022). Pengaruh Outdoor Learning Math dengan Pendekatan Math City Mapterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Kelas XII SMK YAPIM Pinang Awan. Jurnal Cendekia, 6(2), 1387–1402. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1363

Sepriadi, S. (2017). Kontribusi status gizi dan kemampuan motorik terhadap kesegaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 194–206. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.15147

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4c Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107–117. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/1597

Setyawan, G. S., Ro’is, A. F., & Fahturohzis, T. D. (2023). Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani Berbasis Aktivitas Bermain Ular Tangga. Jurnal Jambura, 2(1), 32–38. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jscaj/article/view/20672

Siregar, W. A. (2020). Analisis Pemanfaatan Permainan Education Kata Acak Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. UMSU.

Sit, M. (2022). Pengembangan Permainan Simpai: Stimulasi Kecerdasan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5066–5078. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1912

Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2021). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 135–154. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v1i1.219

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1–12.

Surfiyah, D., & Kurniawan, A. W. (2023). Survei Kebugaran Jasmani Siswa di SMA Negeri 5 Malang. Journal Sport Science Indonesia, 2(2), 210–224. https://doi.org/10.31258/jassi.2.2.210-224

Suryani, N. A. (2019). kemampuan sosem anak melalui permainan raba-raba pada PAUD kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141–150. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.141-150

Suwarsi, S., & Handayani, A. (2017). Hubungan Antara Optimisme dan Problem Focused Coping pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Psikologi Proyeksi, 12(1), 35–44. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/2847

Syarifuddin, A. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif dengan Model Problem Based Learning. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 1–9. https://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/145

Wahab, A., Syahid, A., & Junaedi, J. (2021). Penyajian Data dalam Tabel Distribusi Frekuensi dan Aplikasinya pada Ilmu Pendidikan. Education and Learning Journal, 2(1), 40–48. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i1.91

Wariyanti, W., Nur, W., & Ananda, R. (2022). Perkembangan Aspek Sosial Emosional dan Sains Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek. Jurnal Basicedu, 6(3), 5351–5361. https://doi.org/10.31004

/basicedu.v6i3.2848

Zhannisa, U. H., Royana, I. F., Prastiwi, B. K., & Pratama, D. S. (2018). Analisis Kondisi Fisik Tim Bulutangkis Universitas PGRI Semarang. Jurnal Power of Sports, 1(2), 30–41. https://doi.org/10.25273/jpos.v1i2.2523

Published

2023-12-30

How to Cite

Ashidqy, A. Z., Iqbal, R., & Siswanto, S. (2023). Pengaruh permainan kecil terhadap peningkatan kebugaran jasmani. Jurnal Porkes, 6(2), 781–796. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i2.21224

Issue

Section

Articles