Pengaruh Latihan Sirkuit Training Terhadap Peningkatan Vo2max Siswa Sekolah Sepak bola (Ssb)
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v2i1.2185Keywords:
Circuit Training, VO2MaxAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh circuit training terhadap peningkatan VO2Max siswa SSB Montong Gading. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa SSB Montong Gading yang berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik studi populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah multistage fitnes tes. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel (5,857 > 1,740) pada taraf signifikan 5%. Dapat disimpulkan bahwa latihan sirkuit (circuit training) dapat meningkatkan VO2Max siswa SSB Montong Gading.
References
Budi, Setio. (2015). Circuit Training dengan Rasio 1:1 dan Rasio 1:2 terhadap Peningkatan VO2Max. Journal of Sport Sciences and Fitness. Volume 4, Nomor 3, hal. 53-58.
Debbian, Ario. (2016). Profil Tingkat Volume Oksigen Maskimal (VO2Max) dan Kadar Hemoglobin (Hb) pada Atlet Yongmodo Akademi Militer Magelang. Jurnal Olahraga Prestasi. Volume 12, Nomor 2, hal. 19-30.
Lufisanto, Sauqi. (2015). Analisis Kondisi Fisik Yang Memberi Kontribusi terhadap Tendangan Jarak Jauh pada Pemain Sepakbola. Jurnal Kesehatan Olahraga. Volume 03, Nomor 01, hal. 50-54.
Riyanto, Yatim. (2001). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Sic. Sudibyo,
Aris. (2013). Survey Tingkat VO2Max Anggota Tim Ekstrakurikuler Futsal Putri SMA di Kota Mojokerto. Jurnal Olahraga Prestasi. Volume 1, Nomor 1, Hal.415-502.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabet
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License