Peningkatan Penguasaan Teknik Renang Gaya Dada Dengan Metode Pembelajaran Resiprokal

Authors

  • Vera Septi Sistiasih Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v3i1.2201

Keywords:

renang, gaya dada, resiprokal

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan teknik renang gaya dada dengan metode pembelajaran resiprokal. Sample dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 Pendidikan Olahraga UMS berjumlah 35 mahasiswa. Dari hasil observasi awal penguasaan teknik renang gaya dada peserta didik pada taraf kurang. Kemudian dilaksanakan metode resiprokal diluar jam perkuliahan dengan dua siklus. Pada akhir siklus dua diperoleh hasil dengan tingkat kebenaran kategori baik yaitu gerakan kaki 25 mahasiswa atau 71,14%, gerakan lengan dan pengambilan nafas 27 mahasiswa atau 77,14%, sedangkan untuk posisi badan 30 mahasiswa atau 85,71%. Dari hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa ada peningkatan penguasaan teknik renang gaya dada dengan metode pembelajaran resiprokal.

 

DOI: 10.29408/porkes.v3i1.2201

References

Budiwanto, setyo. 2012. Metodologi Latihan Olahraga. Malang : Universitas Negeri Malang.

Chatoupis, C., & Emmanuel, C. (2003). Teaching Physical Education with The Inclusion Style : The Case of a greek Elementary School. Journal Of Physical Education, Recreation & Dance, 74 (8), 33-38.

http://doi.org/10.1080/07303084.2003.10608500

Edo Prasetyo, Moch. Yunus. 2017. “ Hubungan antara Frekuensi Gerakan Kaki dengan Prestasi Renang Gaya Crawl 50 Meter.†Indonesia Performance Journal 1 (2) : 82-90

http://journal2.um.ac.id/index.php/jko/article/view/2455

Ernawan Susanto. 2004. “Pembelajaran Renang Gaya Bebas Dengan Pendekatan Gaya Mengajar Resiprokal.†Proceeding Seminar Nasional UNY.

M Isa, A Sitepu, S Husin. 2013. “Perbandingan Gaya Mengajar Resiprokal dengan Gaya Mengajar Inkuiri Terhadap Hasil Belajara Renang Gaya Dada.†Jurnal Penjaskesrek Unila 1 (3) :

Mosston, M., Ashworth, S., 7 Block, B. A. (2008). Teaching Physical Education. A Bell & Howell Company.

Muhammad Husni Tamim. 2017. “Pengaruh Metode Latihan (Resiprokal dan Inklusi) Persepsi Kinestetik terhadap Teknik Overhead Lob Forehand Bulu Tangkis.†Jurnal Keolahragaan 5 (1) : 71-80

https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/12806/9382

Roeswan dan Soekarno. 1979. Renang dan Metodhik. Jakarta : PT. Karya Unipres.

Sartono, Firman Adityatama. 2018. â€pengaruh metode pembelajaran renang terhadap kondisi fisik pada anak usia 8 tahun.†Jurnal Juara 3 : 112-118

https://doi.org/10.33222/juara.v3i2.262

Subagyo. 2008. Teknik Renang. Bogor : Dahlia.

Suryatna E dan Suherman A. 2001. Renang Kompetitif. Jakarta Pusat : Direktorat Jenderal Olahraga.

Tetikay, Robert. 2011. Renang (Teknik dan Metodik). Malang : Wineka Media

Tri Tunggal Setiawan. 2003. Keterampilan Renang I. Semarang : Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES.

Published

2020-06-30

How to Cite

Sistiasih, V. S. (2020). Peningkatan Penguasaan Teknik Renang Gaya Dada Dengan Metode Pembelajaran Resiprokal. Jurnal Porkes, 3(1), 63–70. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i1.2201

Issue

Section

Articles